UPTD PAL PU Makasar dan Usaid IUWASH Bahas Tangki Septik

UPTD PAL Dinas PU bersama Usaid Iuwash Plus menggelar diskusi fokus data sensus septick tank individual di Hotel The Rinra Makassar, Jumat (7/7/2017).

UPTD PAL Dinas PU bersama Usaid Iuwash Plus menggelar diskusi fokus data sensus septick tank individual di Hotel The Rinra Makassar, Jumat (7/7/2017).

POJOKSULSEL.com, MAKASSAR – Unit Pelaksana Tugas Daerah Pengelolaan Air Limbah (UPTD PAL) Dinas Pekerjaan Umum (PU) bersama Usaid Indonesia Urban Water, Sanitation and Hygiene Penyehatan Lingkungan untuk Semua (Iuwash Plus) telah melaksanakan diskusi fokus data sensus tangki septik (septick tank) individual di 14 kecamatan di Kota Makassar di Hotel The Rinra Makassar, Jumat (7/7/2017).

Hadir dalam diskusi itu, tim IUWASH yakni Selvi, Lydya Astusti, Sri Hardiyanti dn Jo. Hadir juga jajaran UPTD PAL dan bidang PBP dinas PU. Diskusi ini dibuka langsung oleh Kepala UPTD PAL Dinas PU Makassar, Komelius.

Komelius mengatakan UPTD PAL telah membuat data sensus tangki septik , dan dalam penyempurnaan pelaksnaannya dibutuhkan masukan dari organisasi perangkat daerah (OPD).

“Untuk itu kami berharap ada masukan dari OPD terkait,demi penyempurnaan data ini. Data sensus ini mulai di laksanakan tahun 2013 hingga saat ini 2017,” kata Komelius.

Pada hasil diskusi tersebut, data sensus tangki septik tank dapat digunakan oleh OPD terkait dalam memprogramkan kegiatan yang akan dilaksanakan, dengan melihat lokasi yang ada di masing-masing kelurahan.

Berdasarkan data yang ada saat ini, terdapat beberapa kelurahan di Kota Makassar yang masih kekurangan jamban. Sehingga perlu meningkatkan septik cubluk menjadi septik kedap air, dan sosialisasi perlunya penyedotan yang terjadwal.

Selanjutnya, data tersebut juga dapat digunakan pada program lainnya seperti kotaku, NUSP dan CSR dalam menentukan lokasi kegiatan. Utamanya untuk mengatasi kondisi rawan sanitasi.

(muh fadly/pojoksulsel)



loading...

Feeds

Daeng Ancu: Paket Agus-Aliyah Sudah Fix

POJOKSULSEL.com, MAKASSAR – Presiden Batu Putih Trans Sindycate, Syamsul Bahri Sirajuddin, angkat bicara setelah adanya kabar bahwa Aliyah Mustika Ilham …

Ini 3 Penyebab Survei NH-Aziz Unggul

POJOKSULSEL.com, MAKASSAR -Lembaga riset Poltracking Indonesia merilis tren elektabilitas calon Gubernur-calon Wakil Gubernur Sulawesi Selatan 2018. Hasil survei menunjukkan NH-Aziz …