Meski Libur, Pelayanan KUPAS TAS Disdukcapil Makassar Tetap Berjalan

Disdukcapil Makassar melaksanakan PL Akta Kelahiran dan Mobile KTP yang merupakan rangkaian kegiatan pelayanan

Disdukcapil Makassar melaksanakan PL Akta Kelahiran dan Mobile KTP yang merupakan rangkaian kegiatan pelayanan "KUPAS TAS" di Kelurahan Rappokalling, Kecamatan Tallo, Sabtu (8/7/2017).

POJOKSULSEL.com, MAKASSAR – Hari ini, Sabtu (8/7/2017), Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Makassar melaksanakan kegiatan Pelayanan Langsung (PL) Akta Kelahiran dan Mobile KTP yang merupakan rangkaian kegiatan pelayanan “KUPAS TAS” di Kelurahan Rappokalling, Kecamatan Tallo.

Menurut Kepala Bidang pengelolaan Informasi Administrasi Kependudukan Chaidir, kegiatan yang dilaksanakan ini mencakup pelayanan dan penerbitan akte kelahiran yang langsung jadi di tempat, seperti Kartu Anak Makassar (KAM), perekaman KTP elektronik, Pencetakan Kartu Keluarga.

 

“Antusias masyarakat Kelurahan Rappokalling ini, untuk datang mengurus sangat tinggi, dikarenakan mereka bisa langsung mengurus dokumen kependudukan dan pencatatan sipil di lokasi atau di lingkungan tempat tinggal mereka,” ucapnya.

Salah satu warga mengatakan bahwa masyarakat sangat bangga terhadap petugas dukcapil Makassar, karena di hari weekend ini yang seharusnya dipake istirahat atau berlibur bersama keluarga, tapi mereka rela meluangkan waktu dan tenaga di hari libur untuk melayani masyarakat.

“Saya salut kepada petugas dukcapil, meskipun hari libur seperti ini, mereka tetap melayani warga dalam mencetak dan menerbitkan langsung surat surat kependudukan ditempat,” ujarnya.

Di sisi lain, Kadisdukcapil Kota Makassar Nielma Palamba mengatakan bahwa pelayanan KUPAS TAS ini sudah menjadi kegiatan wajib dan rutin dilaksanakan, dengan tujuan meningkatkan cakupan penerbitan dokumen kependudukan dan pencatatan sipil termasuk akte kelahiran dan perekaman KTP elektronik.

Sehingga, pihaknya menjadwalkan waktu dan lokasi untuk menyisir penduduk yang rentan administrasi kependudukan di wilayah Kota Makassar.

“Kita jadwalkan untuk menyisir daerah daerah penduduk yang rentan atau belum mempunyai surat surat kependudukan, sehingga warga yang belum mempunyai akan mudah mendapatkan dengan layanan KUPAS TAS, yang tentunya sejalan dengan semangat makassar dua kali tambah baik dan jangan biarkan makassar mundur lagi,” jelasnya.

(chaidir pratama/pojoksulsel)



loading...

Feeds