Panja Otonomi Daerah DPR RI Kunjungi Maros, Eh Pak Bupati Keluhkan Hal Ini

POJOKSULSEL.com MAROS – Panitia Kerja (Panja) Otonomi Daerah, Komisi II DPR RI melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Maros, Jumat (7/7/2017).

Rombongan dipimpin langsung oleh ketua tim Fandi Utomo dari Fraksi Demokrat dan diterima oleh Bupati Maros Hatta Rahman di Ruang Rapat Kantor Bupati Maros. Panja Otonomi Daerah ini melakukan kunker untuk melihat sejauh mana implementasi otonomi daerah di kabupaten-kabupaten. 

Hatta saat menerima rombongan ini memaparkan sejumlah permasalahan terkait peralihan kewenangan dari pemerintah daerah ke pemerintah provinsi maupun pusat seperti pengelolaan SMA yang diambil alih provinsi dan tambang galian golongan C yang beralih ke pusat.

Menurut Hatta, hal ini menjadikan rentang kendali yang panjang serta beberapa kali gaji guru mengalami keterlambatan. Banyaknya keluhan dari guru-guru dalam pengurusan berkas. Penarikan kewenangan dari daerah ke provinsi dan pusat menyisakan berbagai persoalan. 

“Misalnya kami sebelumnya menganggarkan perbaikan sekolah-sekolah SMA dalam APBD kami, bahkan anggaran perbaikan sekolah mencapai Rp50 miliar namun setelah dilakukan perbaikan malah diambil alih provinsi,” beber Hatta. 

Sementara itu, Fandi Utomo dalam penjelasannya mengakui pelimpahan pengelolaan sekolah SMA maupun tambang dan lainnya menyisakan perbagai persoalan. “Bahkan gugatan Wali Kota Surabaya pun Bu Risma ke MK agar pengelolaan SMA dikembalikan ke daerah ditolak sehingga ini sudah menjadi keputusan final,” bebernya. 

Anggota panja otonomi daerah Komisi II yang turut datang adalah DR Azikin Solthan dari fraksi Gerindra yang juga mantan Bupati Bantaeng serta Mardani Ali Sera yang merupakan ketua tim pemenangan Anies-Sandi salam Pilkada Jakarta beberapa waktu lalu serta anggota DPR RI lainnya. 

Sedangkan pejabat Maros tampak Ketua DPRD Maros AS Chaidir Syam, wakil ketua DPRD, Wakil Bupati Maros HA Harmil Mattotorang, Sekda Maros Baharuddin serta anggota DPRD Maros lainnya dan jajaran kepala organisasi perangkat daerah. 

(adnan muthalib/pojoksulsel)



loading...

Feeds

psm makassar

Persiba Incar Kemenangan di Mattoanging

POJOKSULSEL.com – Persiba Balikpapan akan menantang PSM Makassar di Stadion Andi Mattalatta, Selasa (24/10/2017). Melakukan lawatannya ke Makassar, Persiba Balikpapan …
Citra Kirana

Tips Kecantikan ala Citra Kirana

POJOKSULSEL.com – Pesinetron Citra Kirana memiliki keindahan tubuh yang aduhai. Di usianya yang terbilang muda, pemain sinetron Safa dan Marwah …