Pendaratan Pesawat di Bandara Sultan Hasanuddin Terganggu Laser Mainan

Ilustrasi

Ilustrasi

POJOKSULSEL.com, MAKASSAR – Sinar Laser mainan mengganggu pendaratan pesat di Bandara Sultan Hasanuddin Makassar.

Sejauh ini, Airnav Makassar sudah menerima tujuh laporan serangan sinar laser yang mengganggu pendaratan pesawat.

ATS Operational Coordinator Airnav Makassar, Yuyun Nugraha, mengatakan serangan sinar laser yang mengganggu penerbangan terjadi pada pukul 18.00 Wita-21.00 Wita.

“Tadi malam sudah ada 7 laporan pilot terkait dengan penyalahgunaan laser, biasa kami sebut (dunia aviasi) lasser attack, yang sangat mengganggu konsentrasi pilot ketika hendak melakukan pendaratan pesawat,” kata Yuyun Nugraha, melalui pesan tertulis.

Yuyun menyebut, pesawat yang diteror sinar laser yakni maskapai Lion Air 740 dari Surabaya, Citilink 612 dari Surabaya, Sriwijaya 726 dari Bali, Lion Air 640 dari Yogyakarta, Batik Air 6231 dari Palu, Batik Air 6183 dari Jayapura, dan Garuda 620 dari Jakarta.

“Rata rata laporan di short final radius 6Nm (1 Nm=1,85 Kilometer) sebelah kanan dari runway 03-13 tepatnya di daerah Gowa, Sudiang, Antang, Hertasning, Alauddin dan Petarani serta laporan laser attack di daerah Kabupaten Gowa,” jelas Yuyun

Jika sinar laser tersebut diarahkan ke cockpit pesawat, kata Yuyun Nugraha, dapat membuat temporary blind pada mata pilot, jika sinar laser tersebut tepat mengenai mata pilot.

“Naah, dapat kita bayangkan betapa berbahaya penyalahgunaan sinar laser ini di dunia penerbangan,” kata

Untuk itu, demi keselamatan penerbangan, Yuyun mengimbau kepada masayarakat sekitar kota Makassar khsuasnya sekitar Bandara dapat turut serta menjaga keselamatan penerbangan.

Perlu diketahui bahwa makassar merupakan penghubung Airport untuk tujuan Timur Indonesia, banyak pesawat yang transit pada malam hari untuk selanjutnya kembali terbang ke kota-kota di Indonesia Timur.

“Penambahan jumlah penerbangan di Makassar semakin banyak, mari kita sama-sama menjaga keselamatan penerbangan di kota Makassar ini untuk kebaikan kita semua,” kata Yuyun.

(islamuddin dini/pojoksulsel)



loading...

Feeds

makassar, berita makassar, berita terkini makassar, pojoksulsel, pojoksulsel.com, pojok sulsel, liga santri nusantara, seleksi lsn, lsn, seleksi liga santri nusantara, robby darwis liga santri nusantara

Neuer Absen Hingga Tahun Depan

POJOKSULSEL.com – Kabar buruk mendatangi Bayern Muenchen, kiper andalan mereka Manuel Neuer harus kembali menepi karena cedera yang kembali datang. …