Ini Bahayanya Smartphone bagi Jempol Anda

Ilustrasi

Ilustrasi

POJOKSULSEL.com – Sebuah penelitian mengungkapkan kalau smartphone ternyata mampu memberi Anda masalah serius yang disebut smartphone thumb.

Kondisi menyakitkan ini disebabkan oleh gerakan berulang pengetikan yang bisa menyebabkan artritis di ibu jari.

Terlalu sering menggunakan smartphone ternyata dapat menimbulkan masalah serius. Smartphone thumb adalah istilah yang digunakan untuk menyebut masalah ini.

Mengetik atau menggeser berulang-ulang dengan ibu jari di layar smartphone dapat menyebabkan tendon membungkuk dan meradang. Kondisi ini sangat menyakitkan dan dapat berujung pada atritis.

Kondisi yang secara formal dikenal sebagai tendinitis itu sebelumnya hanya terlihat pada pekerja pabrik.

Dengan semakin populernya smartphone, kini semakin banyak juga orang yang mengeluh tentang jenis rasa sakit seperti ini di ibu jari mereka.

“Salah satu hipotesisnya adalah persendian menjadi longgar yang mengakibatkan tulang pada ibu jari bergerak berbeda dari pada keadaan normal,” kata peneliti Kristin Zhao, seperti dilansir laman India Times, Senin (3/7).

Peneliti telah mempelajari smartphone thumb selama tujuh tahun terakhir. Mereka menemukan bahwa gerakan jempol saat menggunakan ponsel ternyata adalah gerakan yang canggung.

“Ini adalah gerakan yang memberi tekanan pada jempol. Bukan sekedar gerakan di ruang bebas biasa,” jelas Zhao.

Peneliti mulai menggunakan teknik pencitraan dinamis pada tahun 2010 untuk menyaksikan gerakan tulang-tulang pasien yang sehat.

Dengan begitu mereka bisa mendokumentasikan tulang yang normal dan membandingkannya dengan yang tidak.

“Hipotesis kami adalah bahwa gerak tulang yang tidak normal pada jempol bisa menyebabkan rasa sakit di kemudian hari dan berujung pada osteoarthritis,” pungkas Zhao.

Menurut Zhao, terlalu banyak texting bisa menyebabkan lebih banyak kasus arthritis di ibu jari. Untuk mencegah masalah ini, mulailah dengan memberi jempol Anda waktu untuk istirahat.

Kemudian lakukan latihan peregangan harian dengan menggerakan pergelangan tangan dan jari-jari yang akhirnya bisa membantu mencegah kondisi osteoarthritis pada ibu jari Anda.

(fny/jpnn)



loading...

Feeds

nasional, berita terkini nasional, harga rokok naik, rokok naik bulan depan, rokok naik 50 ribu, bulan depan harga rokok naik, harga rokok, rokok naik, rokok 50 ribu per bungkus

Harga Rokok Murah, DPR Bilang Begini

POJOKSULSEL.com, JAKARTA – Masih terlalu murahnya harga rokok, menyebabkan perokok pemula di Asia Tenggara, khususnya di Indonesia terus meningkat. Organisasi …