Bertarung di Pilgub Sulsel, NH Genggam Pesan Sultan Hasanuddin dan Arung Palakka

Pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Sulsel yang diusung partai Golkar Nurdin Halid-Aziz Qahhar Mudzakkar di Pilgub Sulsel 2018 bersama istri saat Halal Bi Halal Sulsel Baru 2018, Rabu (5/7/2017). | POJOKSULSEL - GUNAWAN SONGKI

Pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Sulsel yang diusung partai Golkar Nurdin Halid-Aziz Qahhar Mudzakkar di Pilgub Sulsel 2018 bersama istri saat Halal Bi Halal Sulsel Baru 2018, Rabu (5/7/2017). | POJOKSULSEL - GUNAWAN SONGKI

POJOKSULSEL.com, MAKASSAR – Setelah resmi mendapat restu dari DPP Golkar dalam bentuk rekomendasi pencalonan di Pilgub Sulsel 2018 mendatang, Nurdin Halid menyampaikan semangatnya untuk bertarung.

Semangatnya itu dia gambarkan lewat falsafah kearifan lokal yang pernah diungkapkan oleh Raja Gowa ke-16, I Mallombasi Muhammad Bakir Daeng Mattawang Karaeng Bontomangape Sultan Hasanuddin, tentang tekad bulat untuk bertarung. Hal itu diungkap pada acara Halal Bi Halaldi Lapangan Tenis Indoor Telkom Makassar, Jalan AP Pettarani, Makassar, Rabu (5/6/2017).

“Le’ba kusoronna biseangku, kucampa’na sombalakku, tamassaile punna teai labuang. (Bila perahu telah kudorong, layar telah terkembang, takkan ku berpaling kalau bukan labuhan yang kutuju.), Ku alleangi tallanga na toalia. (Lebih baik tenggelam dari pada kembali!!),” tegas NH.

Bukan hanya falsafah Raja Gowa, pesan sakral Raja Bone ke-15 Latenri Tata Arung Palakka pun tak ketinggalan diungkap, menurut NH, Raja ke 15 Bone tersebut juga menegaskan hal serupa. Di mana, dia memberikan pesan yang sangat heroik tentang bagaimana menyelesaikan sebuah pekerjaan hingga tuntas.

“Tellabu Essoe Ri Tengngana Bitarae (Takkan Tenggelam Matahari Di Tengah Langit),” kata Ketua Harian Golkar itu.

Jadi menurut NH kesimpulan dari falsafah tersebut adalah sesuatu pekerjaan harus berakhir dengan keberhasilan.

“Lewat pesan ini saya bertekad tak akan menyelesaikan amanah ini sebelum sukses menjadi Gubernur Sulsel. Ini perlu saya tegaskan untuk memberikan penegasan atas komitmen saya untuk menyelesaikan pertarungan dengan tuntas,” tutur pria kelahiran Bone itu.

(gunawan/pojoksulsel)



loading...

Feeds

Ini Syarat Calon Walikota PPP Parepare

POJOKSULSEL.com, PAREPARE – Ketua Bappilu Dewan Pimpinan Cabang Partai Persatuan Pembangunan (DPC-PPP), Parepare, Sulawesi Selatan (Sulsel), Salam Latif, mengatakan sejauh …