SYL Sebut Anggaran Tol Layang Panakkukang Capai Rp1,2 Triliun

Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo. | DOK. POJOKSULSEL

Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo. | DOK. POJOKSULSEL

POJOKSULSEL.com, MAKASSAR – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Selatan (Sulsel) tengah menggagas pembangunan jalan tol layang (elevated) dalam Kota Makassar.

Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo mengatakan, rencana pembangunan jalan tol layang tersebut, akan ditempatkan di pusat bisnis Panakkukang.

 

Salah satu alasannya adalah kawasan pusat ekonomi dan bisnis Panakkukang menjadi titik kemacetan di Kota Makassar. Pergerakan kendaraan yang melintas di kawasan bisnis dan ekonomi Panakkukang dapat mencapai 65 ribu per hari.

Karena itu, pembangunan jalan tol layang di Panakkukang akan menjadi solusi mengurai kemacetan. Apalagi, setiap tahun pemilik kendaraan di Kota Makassar semakin meningkat.

“Penambahan motor sebulan 28 ribu, mobil 2.400. Kendaraan yang masuk ke Makassar dari luar dalam sebulan sebanyak 700 ribu,” ujar Syahrul Yasin Limpo.

Gubernur Syahrul Yasin Limpo, yang akrab disapa SYL, mengungkapkan, rencana pembangunan jalan tol layang diprediksi menelan anggaran Rp 1,2 triliun. Asumsi anggaran tersebut berdasar pada pembangunan ruas jalan sepanjang 1 kilomerer menelan anggaran sampai Rp150 miliar.

Syahrul Yasin Limpo juga dalam waktu dekat akan dengan DPRD dan Walikota Makassar Danny Pomanto untuk membicarakan rencana pembangunan jalan tol layang tersebut.

“Termasuk membicarakan bagaimana bentuk rekayasa jalan ketika tol tersebut akan dibangun. Termasuk mengukur atau menghitung pergerakan kendaraan di kawasan tersebut,” kata Gubernur Syahrul Yasin Limpo.

Menurut mantan Bupati Gowa ini, Pemerintah Pusat dapat mengucurkan anggaran sampai Rp3 triliun untuk digunakan Pemprov Sulsel dalam bentuk obligasi. Sehingga tidak perlu khawatir soal anggaran pembangunan infrastruktur di daerah.

(muh fadly/pojoksulsel)



loading...

Feeds

video umi pipik

Video Umi Pipik Bikin Heboh

POJOKSULSEL.com – Pipik Dian Irawati atau akrab disapa Umi Pipik banyak dibicarakan setelah isu pernikahannya dengan Sunu eks Matta band. …
Sylvano Comvalius

Bali United Lepas Sylvano Comvalius

POJOKSULSEL.com – Bali United dikabarkan melepas mesin golnya, Sylvano Comvalius, musim depan. Kabar putusnya kontra pencetak gol terbanyak di Liga …
lurah jagong pangkep

Lurah Pangkep Potong Insentif RW?

POJOSKSULSEL.com, PANGKEP – Diisukan potong insentif RW oleh warganya, Lurang Jagong Kabupaten Pangkep, Restu Alamsyah, membantah tudingan yang dialamatkan padanya …