Pak Gubernur Tak Peduli Tuntutan Jaksa KPK Soal Aliran Uang Dana E-KTP

Ilustrasi

Ilustrasi

GUBERNUR Sulawesi Utara Olly Dondokambey rampung menjalani pemeriksaan sebagai saksi dalam kasus dugaan korupsi proyek pengadaan e-KTP. Usai diperiksa, Olly ogah ambil pusing soal tuntutan JPU KPK terkait dugaan adanya fee terkait e-KTP yang diterimanya sebagai mantan pimpinan badan anggaran (banggar) DPR.

“Ya biarin saja,” kata Olly saat keluar dari gedung KPK, Jakarta, Selasa (4/7).

Menurut Olly, segala hal terkait dugaan keterlibatannya telah dia jelaskan dalam sidang dua terdakwa e-KTP, Irman dan Sugiharto. “Di pengadilan sudah saya jawab semuanya. Tidak ada penawaran uang untuk pimpinan Banggar DPR,” ujar Olly.

Jaksa KPK meyakini adanya aliran dana korupsi e-KTP kepada sejumlah anggota DPR. Antara lain ke Marzuki Alie, Olly Dondokambey dan anggota banggar DPR lainnya.

Menurut jaksa, adanya aliran uang untuk Marzuki Alie dan anggota Banggar DPR telah sesuai dengan keterangan para saksi dan didukung bukti petunjuk.

Misalnya keterangan mantan Bendahara Umum Partai Demokrat, Muhammad Nazaruddin yang menyebut bahwa Marzuki Alie dan sejumlah anggota Banggar menerima uang.

Dalam persidangan, Nazaruddin menjelaskan secara rinci penerimaan uang oleh Ketua dan Wakil Ketua Banggar DPR dalam proyek pengadaan e-KTP. Masing-masing uang diserahkan oleh pengusaha pelaksana proyek e-KTP, Andi Agustinus alias Andi Narogong.

Menurut Nazar, Ketua Banggar saat itu, Melchias Markus Mekeng, dua kali menerima uang dari Andi sebesar USD 1,4 juta.

Selain itu, uang juga diberikan Andi kepada Wakil Ketua Banggar. Masing-masing adalah Tamsil Lindrung, Olly Dondokambey, dan Mirwan Amir.

(put/jpg/pojoksulsel)



loading...

Feeds

psm makassar

Persiba Incar Kemenangan di Mattoanging

POJOKSULSEL.com – Persiba Balikpapan akan menantang PSM Makassar di Stadion Andi Mattalatta, Selasa (24/10/2017). Melakukan lawatannya ke Makassar, Persiba Balikpapan …
Citra Kirana

Tips Kecantikan ala Citra Kirana

POJOKSULSEL.com – Pesinetron Citra Kirana memiliki keindahan tubuh yang aduhai. Di usianya yang terbilang muda, pemain sinetron Safa dan Marwah …