NH Puji Danny di Rapat Harkopnas

POJOKSULSEL.com, MAKASSAR- Ketua Dewan Koperasi Indonesia (Dekopin) Pusat Nurdin Halid melontarkan pujian pada Wali Kota Makassar Mohammad Ramdhan ‘Danny’ Pomanto saat rapat peringatan Hari Koperasi Nasional (Harkopnas) ke – 70 Tahun 2017 di Kementerian Koperasi dan UKM, Jalan HR Rasuna Said Kav 3 – 4, Jakarta, Selasa, (4/7/2017).

NH sapaan Nurdin Halid mengatakan Wali Kota Danny telah membuat terobosan dengan idenya membentuk BULo (Badan Usaha Lorong) di 7.255 lorong yang ada di kota Makassar.

“Pak wali membuat terobosan yang tidak ada di Indonesia dengan membuat badan usaha yang disebut BULo,” ucap Nurdin Halid.

NH yang juga Presiden Dewan Koperasi Asia Pasifik menambahkan, BULo yang digagas oleh Wali Kota Danny dapat mengentaskan kemiskinan karena tanaman cabai yang menjadi komoditi unggulan BULo dapat dipasarkan selain untuk konsumsi rumah tangga petani BULo.

Spirit BULo kata NH, mewarisi nilai – nilai koperasi yang dijalankan dengan prinsip kekeluargaan dan kebersamaan. BULo mampu menggerakkan masyarakat yang berada di lorong – lorong Makassar.

Mereka dengan sukarela dan sukacita bekerja sama menyemai bibit cabai, menanam, merawat tanaman hingga memanen hasilnya.

Sementara itu, menurut Wali Kota Danny, saat ini telah ada 700 BULo yang tersebar di lorong – lorong Makassar. Beberapa diantaranya telah panen perdana, dan hasilnya telah dinikmati oleh petani BULo.

Bahkan, produk cabai BULo telah berkontribusi dalam menekan inflasi dalam negeri. “Pertama kalinya terjadi deflasi menjelang lebaran. Deflasi di musim inflasi,” kata Danny.

Di kesempatan yang sama, Danny juga menyampaikan terima kasih atas kepercayaan pemerintah pusat mendapuk Makassar sebagai tuan rumah peringatan Harkopnas ke – 70 Tahun 2017.

Puncak peringatannya akan berpusat di Lapangan Karebosi yang dijadwalkan dibuka oleh Presiden Joko Widodo. Beragam kegiatan digelar untuk memperingatinya diantaranya Expo Koperasi Nasional dan Internasional, serta Kongres Koperasi Indonesia.

 

“Harkopnas ke – 70 Tahun 2017 adalah momen baru dari sebuah komitmen baru dan pembuktian baru terhadap kekuatan koperasi,” tegas Danny.
Peringatan Harkopnas ke Р70 Tahun 2017 di Makassar dihelat pada 12 hingga 16 Juli 2017 dan dihadiri seluruh koperasi se Р Indonesia.

(chaidir pratama/pojoksulsel)



loading...

Feeds