Ternyata Warna Mata dan Kesehatan Ada Kaitannya Lho, Baca Ini

Ilustrasi - Mata

Ilustrasi - Mata

SELAMA ini kebanyakan dari kita tidak pernah menghubungkan warna mata (hitam, biru, hijau, coklat dan abu-abu) dengan peningkatan risiko kanker kulit atau dengan kemampuan atletik.

Tapi percaya atau tidak, sebenarnya ada penelitian substansial yang mengkorelasikan warna mata dengan berbagai ciri kesehatan dan dalam beberapa kasus.

Warna iris mata tertentu bisa terkait dengan peningkatan kesempatan Anda untuk mengembangkan masalah kulit seperti vitiligo dan melanoma.

Misalnya, sementara warna mata yang lain telah dikaitkan dengan toleransi rasa sakit yang lebih besar.

Penasaran apa yang dikatakan warna mata Anda sendiri tentang kesehatan? Berikut ini penjelasannya, seperti dilansir laman Brydie:

1. Memiliki mata biru, hijau atau abu-abu

Dengan warna kulit yang jauh lebih pucat/putih, mereka yang memiliki warna mata ini menunjukkan kurangnya pigmen pelindung melanin, yang pada gilirannya menyebabkan kepekaan terhadap sinar matahari yang lebih tinggi.

Ini berarti bahwa selain berisiko lebih besar mengalami kerusakan penglihatan akibat sinar matahari, Anda juga lebih rentan terkena kanker kulit.

Selain itu juga lebih rentan terhadap degenerasi makula, sejenis kehilangan penglihatan yang cenderung berhubungan dengan usia.

Untuk itu, mungkin akan lebih bijaksana jika Anda lebih sering menggunakan kacamata hitam dengan perlindungan UV untuk mencegah potensi kerusakan.

Di sisi lain, mereka yang memiliki warna mata ini juga lebih toleran terhadap rasa sakit.

2. Jika memiliki mata coklat atau gelap

Sebagai permulaan, Anda lebih rentan terhadap katarak yang mengaburkan penglihatan.

Anda juga sedikit lebih rentan terhadap kondisi pigmen kulit vitiligo dibanding mereka yang memiliki mata lebih terang.

Anda juga cenderung sensitif terhadap alkohol.

Sebuah penelitian di 2001 silam menemukan orang-orang dengan mata gelap menunjukkan efek mabuk lebih cepat daripada rekan mereka yang bermata terang.

Tapi mungkin salah satu aspek paling menarik dari semua penelitian yang berkaitan dengan warna mata ini adalah apa yang iris Anda katakan tentang kemampuan atletik Anda dan dalam kasus itu, mereka yang memiliki mata gelap mungkin berada di atas angin.

Studi pada 1978 silam menunjukkan bahwa mereka yang memiliki mata coklat memiliki refleks yang lebih cepat dibandingkan dengan warna mata yang lebih terang seperti hijau dan biru.

(fny/jpnn/pojoksulsel)



loading...

Feeds