Obama: Indonesia Bagian dari Diri Saya

Mantan Presiden AS Barack Obama

Mantan Presiden AS Barack Obama

MANTAN Presiden Amerika Serikat (AS) Barack Obama mengaku sangat mencintai Indonesia. Obama menyatakan hal itu saat berpidato pada Kongres Diaspora Indonesia di Jakarta, Sabtu (1/7/2017).

Berbicara di hadapan lebih dari 4.000 peserta Kongres Diaspora, Obama mengadali pidatonya dengan kalimat dan celetukan-celetukan hangat. Dia mengungkapkan kesannya saat kembali ke Jakarta, khususnya di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, yang kini telah banyak berubah.

Dulu sekitar tahun 1967 saat Obama masih kecil alias Barry, Jakarta masih sepi dari gedung-gedung bertingkat. “Kini saat saya ke Jakarta, saya hampir tak mengenal apa pun. Dulu, saya ke sekolah hanya beberapa blok dekat dari sini (Kota Kasablanka, red),” katanya.

Obama menyebut Indonesia bagian dari dirinya. Sebab ibunya, Ann Dunham menikah Lolo Soetoro yang berkebangsaan Indonesia.

Karena itu, Obama pernah tinggal di Menteng. Dia dikenal sebagai Anak Menteng yang bersekolah di SD Besuki, Menteng.

“Ini bagian dari hidup saya. Indonesia bagian dari diri saya,” kalimat itu diucapkannya dalam Bahasa Indonesia.

Obama juga mengungkapkan kekagumannya pada kemajuan pesat kota Jakarta. Dulu saat Obama tinggal di Jakarta, bangunan tinggi hanyalah Sarinah dan Hotel Indonesia.

“Sekarang bayangkan sudah banyak gedung-gedung tinggi dan macet ya. Banyak jalan tol dibangun, sekarang lebih ramai,” jelasnya.

Obama juga bercerita soal kunjungannya selama di Indonesia yang merupakan negara yang paling dicintai ibunya. “Ibu saya cinta Indonesia, senang tinggal di sini. Adik saya (Maya Soetoro) lahir di RS St Carolus. Karena itu kehormatan bagi saya hadir di sini,” tandasnya.

(cr1/JPG/gil/jpnn/pojoksulsel)



loading...

Feeds