Nah… Ini 9 Manfaat dan Efek Samping Minum Kopi

Kopi

Kopi

POJOKSULSEL.com – Ngopi atau minum kopi saat ini sudah menjadi trend di kalangan anak muda. Manfaatnya untuk kesehatan pun sudah sering kita dengar.

Hal ini adalah salah satu alasan mengapa banyak orang gemar mengkonsumsinya, selain untuk memenuhi ketergantungan mereka akan kafein.

Adapun manfaat konsumsi kopi adalah seperti:

1. Membantu membakar lemak.
Kandungan kafein yang terdapat kopi diketahui mampu menstimulasi termogenesis, proses dimana suhu tubuh mengalami peningkatan, mengubah konsumsi makan dalam tubuh menjadi energi. Jadi dengan meminum kopi, membantu tubuh dalam membakar lemak sepanjang hari.

2. Menurunkan resiko terkena kanker usus
Menurut The American Journal of Clinical Nutrition, meminum empat hingga lima cangkir kopi dalam sehari dapat menurunkan resiko seseorang terkena kanker usus dan rektum sebesar 15 persen. Namun patut diketahui bahwa meminum kopi bukan berarti anda kebal terhadap kanker, setidaknya mampu mencegahnya.

3. Dapat melindungi liver atau hati
Menurut studi yang dilakukan University of Minnesota, asupan kopi yang tinggi dapat mengurangi resiko terkena hepatocellular carcinoma, salah satu bentuk kanker hati.

4. Meningkatkan daya ingat
Sebuah studi menyebutkan bahwa dengan mengkonsumsi kopi usai melewati proses belajar atau memasukan informasi baru dalam otak dapat mendorong kinerja long-term memory otak (memori jangka panjang).

5. Menurunkan resiko diabates tipe 2
Manfaat ini dapat dirasakan oleh mereka yang mengkonsumsi kopi secara reguler.

6.Menyegatkan jantung
Konsumsi kopi secara rutin juga dikaitkan dengan menurunnya resiko kematian akibat penyakit kardiovaskuler.

7. Melawan kanker
Kaya akan antioksidan, konsumsi kopi dalam jumlah sedang sangat efektif dalam melawan radikal bebas yang bertanggungjawab atas kanker.

8. Mengurangi rasa sakit
Kafein yang terkandung di dalam kopi menawarkan sifat anti radang yang kuat dan dapat dimanfatkan untuk meredakan rasa sakit.

9. Memberi suntikan adrenalin
Konsumsi kopi juga diketahui bermanfaat untuk meningkatkan kadar adrenalin dan mambuat Anda lebih bersemangan.

Namun perlu juga disadari bahwa konsumsi kopi bukanlah tanpa resiko, terlebih ketika salah dikonsumsi atau ketika dikonsumsi secara berlebihan. Dampak buruknya seperti:

1. Menyebabkan kanker
Menurut International Agency for Research on Cancer (IARC), mengkonsumsi minuman yang panas, atau diatas dari 65 derajat Celsius, bisa menjadi salah satu penyebab kanker, dalam hal ini kanker esofagus, saluran yang menguhubungkan saluran tenggorokan dengan lambung. Kebanyakan orang mengkonsumsi minuman seperti kopi dan teh pada suhu sekitar 70 derajat.

2. Menyebabkan rasa gelisah dan panik
Kopi diketahui dapat menyebabkan rasa gelisah dan masalah tidur akibat dikeluarkannya hormon corsitol akibat konsumsi kopi. Hal ini kerap terjadi para mereka yang menderita serangan panik dan kecemasan sosial. Untuk mengurangi efek ini, penderita gangguan kesehatan diatas harus mengurangi asupan kopi sekitar 1 atau 2 cangkir kopi per harinya dan meminum kopi terakhir 6 jam sebelum waktu tidur.

3. Manfaatnya tidak berlaku pada penderita penyakit kronis
Manfaat kopi menjadi samar pada penderita gangguan kesehatan tertentu
Kendati dapat membuat anda terjaga, membakar lemak tubuh, mendorong daya ingat dan menurunkan resiko terkena kanker usus, namun pada mereka yang memiliki masalah dengan darah tinggi, diabetes dan gastroesophageal reflux disease, manfaat kopi sepertinya menjadi perdebatan.

4. Anda terlalu bersemangat
Menurut Michael Yassa, seorang profesor dari University of California, meminum terlalu banyak kopi dapat mengaktifkan sistem saraf simpatik dan menyebabkan kecemasan, kegelisahan, peningkatan detak jantung, iritabilitas dan amarah yang meluap. Ganti kopi anda dengan decaf untuk mengurangi asupan kafein.

5. Tertidur saat jam kerja
Salah satu sifat kopi adalah membuat anda terjada. Namun ketika efeknya hilang, anda akan kehabisan banyak energi.

6. Terlalu banyak buang air kecil
Kopi adalah diuretik, artinya, konsumsi kopi dapat meningkatkan frekuensi buang air kecil anda, terlebih mereka yang tidak meminumnya secara reguler.

7. Mata anda berkedut-kedut
Menurut National Institutes of Health, kafein adalah salah satu dari tiga besar penyebab mata manusia yang berkedut. Sementara menurut penelitian yang dilakukan York University, konsumsi kafein dapat memicu pelepasan hormon serotonin dan noradrenaline, excitatory neurotransmitter yang dapat mempengaruhi otot dan saraf tubuh manusia. Hindari kopi dan perbanyak minum air putih.

8. Anda sulit menahan poop
Menurut penelitian, kandungan asam yang dimiliki kopi dapat menstimulasi usus dan kolon, menyebabkan anda sulit untuk menahan poop. Jika anda mengalami hal ini, kopi yang cocok untuk anda adalah kopi hitam dan espresso yang rendah akan kandungan asam dan kafein.

9. Jam tidur anda berantakan
Ilmu kedokteran telah membuktikan bahwa konsumsi kopi dapat mengganggu tidur anda, baik secara kualitas dan kuantitas, meski anda memimunnya 6 jam sebelum jam tidur. Kalau sudah begini, anda tidak akan lagi mendapatkan manfaat baik dari kopi, kata Dr. Yassa. Mau tidak mau, anda harus menghindari kopi, setidaknya sebelum jam 4 sore.

Dengan menyadari dampak negatifnya, konsumsi kopi tentunya dapat bermanfaat bagi Anda dalam upaya meningkatkan taraf sehat hidup Anda.

(ruf/fajar/pojoksulsel)



loading...

Feeds