Meski Kalah di Mosul, ISIS Belum Menyerah

Ilustrasi pengikut ISIS. INT

Ilustrasi pengikut ISIS. INT

POJOKSULSEL.com, MOSUL – ISIS masih belum menyerah, meski telah kalah di Kota Mosul oleh pasukan Irak kemarin, kelompok militan itu masih berupaya menguasai kota lian di Irak.

Pejuang ISIS masih menguasai daerah bernama Tal Afar, sebuah kota di sebelah barat Mosul di Irak utara dan kota-kota terpencil di ujung barat Irak.

Seperti dilansir USA Today, Sabtu (1/6) kelompok tersebut terbukti masih tangguh. mereka telah terbukti mampu merencanakan serangan teror bahkan setelah kehilangan wilayah yang sudah mereka kuasai.

Bahkan pemimpin ISIS diklaim telah melarikan diri ke daerah-daerah yang dikuasai militan di sepanjang Lembah Sungai Efrat di selatan Raqqa, Suriah. Mereka juga telah melarikan diri ke benteng-benteng lain di wilayah Irak.

“Pertarungan ini masih jauh dari selesai,” kata Jennifer Cafarella, seorang analis di Institute for the Study of War.

Para pejabat dan analis AS mengatakan bahwa mendorong militan keluar dari markas besar mereka di Irak dan Suriah merupakan langkah awal yang penting bagi kekalahan keseluruhan kelompok militan tersebut.

“Kami telah secara konsisten mengejar simpul komunikasi ISIS di sekitar medan perang,” kata Cafarella.

Perdana Menteri Irak Haider al-Abadi mengatakan pekan ini mereka akan mendeklarasikan kemenangan atas kota Mosul yang sudah dikuasai ISIS semenjak tahun 2014.

Meski telah kalah, beberapa militan masih bertahan di kota, namun mereka semakin hari semakin terjepit akibat kekalahan secara terus menerus.

“Masih ada sisa-sisa ISIS di Irak dan Suriah,” kata Kolonel Ryan Dillon, juru bicara militer A.S. di Baghdad. “Kami akan terus mendukung dan bahu membahu dengan rekan kami dalam pertarungan tersebut.”

Militer A.S. mengatakan akan terus memberikan penasihat, serangan udara dan dukungan lainnya untuk militer Irak.

(mia/pojoksatu/pojoksulsel)



loading...

Feeds

syahrul yasin limpo, deng ical, rsi faisal makassar

Syahrul YL Sebut Deng Ical Walikota

POJOKSULSEL.com, MAKASSAR – Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo menghadiri milad ke-37 Rumah Sakit Islam Faisal, di Jalan Faisal, Makassar, Senin …
Dewi Sanca, haters Dewi Sanca

Serang Haters, Dewi Sanca Sehat?

POJOKSULSEL.com – Pedangdut Dewi Sanca kembali menjadi bulan-bulanan netizen di media sosial. Tak tahan dengan cibiran haters, Dewi Sanca pun …