Sudah 62.140 Pemudik Masuk Makassar

Ilustrasi - Suasana ruang keberangkatan dilihat dari pantauan CCTV. POJOKSULSEL/ADNAN MUTHALIB

Ilustrasi - Suasana ruang keberangkatan dilihat dari pantauan CCTV. POJOKSULSEL/ADNAN MUTHALIB

POJOKSULSEL.com, MAKASSAR – Sejak Senin, 26 Juni hingga Kamis, 29 Juni, sebanyak 62.140 orang masuk ke Kota Makassar. Ribuan pemudik tersebut masuk menggunakan pintu Bandara Internasional Sultan Hasanuddin dan Pelabuhan Makassar.

Dilansir fajaronline.com, ada 35.968 orang tiba di terminal kedatangan Bandara Internasional Sultan Hasanuddin. Sedangkan dari pintu Pelabuhan Makassar, tercatat ada 26.172 yang turun. Namun itu data H-15 hingga H+3.

Para penumpang yang tiba dari jalur udara, menggunakan total 383 penerbangan. Sementara jika dihitung dengan arus mudik sejak Kamis, 15 Juni hingga Rabu, 28 Juni ada rata-rata 321 penerbangan.

Commnunication and Legal Section Head PT Angkasa Pura I Bandara Internasional Sultan Hasanuddin, Turah Ajiari mengatakan, dari angka itu ada peningkatan 14 persen dibanding rata-rata jumlah penerbangan tahun lalu.

Turah menjelaskan, jumlah penumpang itu diprediksi akan bertambah hingga puncak arus balik yang diprediksi jatuh pada Sabtu, 1 Juli dan Minggu, 2 Juli mendatang. Dia juga menjelaskan, penumpang yang tiba di Bandara Internasional Sultan Hasanuddin, masih didominasi dari Jakarta, disusul Surabaya, Balikpapan, dan Kendari. “Masih sama seperti arus mudik sebelumnya,” bebernya, Kamis, 29 Juni.

Sementara itu, General Manager (GM) Angkasa Pura I Bandara Internasional Sultan Hasanuddin, Cecep Marga Sonjaya menjelaskan, pihaknya sudah mengantisipasi lonjakan penumpang pada puncak arus balik tersebut. Di antaranya, penambahan tempat duduk di pemberangkatan dan ruang tunggu kedatangan. “Ini juga untuk mengurai penumpukan penumpang,” bebernya.

(fajar/pojoksulsel)



loading...

Feeds