Puncak Arus Balik di Pelabuhan Makassar Diprediksi 1-2 Juli

Ilustrasi mudik

Ilustrasi mudik

POJOKSULSEL.com, MAKASSAR – Sejak Senin, 26 Juni hingga Kamis, 29 Juni, sebanyak 62.140 orang masuk ke Kota Makassar. Ribuan pemudik tersebut masuk menggunakan pintu Bandara Internasional Sultan Hasanuddin dan Pelabuhan Makassar.

Dilansir fajaronline.com, ada 35.968 orang tiba di terminal kedatangan Bandara Internasional Sultan Hasanuddin. Sedangkan dari pintu Pelabuhan Makassar, tercatat ada 26.172 yang turun. Namun itu data H-15 hingga H+3.

 

Kepala Otoroitas Pelabuhan Utama Makassar Rahmatullah memperkirakan, lonjakan penumpang arus balik terjadi pada 1 dan 2 Juli 2017 mendatang.

Kemarin, sejak pagi suasana di pelabuhan Makassar masih sepi, hanya ada satu kapal yang bersandar, yakni KM Siguntang dari pelabuhan Parepare dan akan berlayar menuju Maumere, Lewleba dan Kupang NTT.

Di Pelabuhan Makassar, ada 643 penumpang KM Siguntang yang turun dan 1.111 penumpang yang naik, dan yang penumpang lanjutan (transit) sebanyak 1.467 orang. Masih kurangnya penumpang arus balik juga terlihat dari jumlah penumpang kapal, di mana kapasitas KM Siguntang 3.337 orang, dan hanya terisi 77,51 persen dari kapasitas atau 2.578 orang. “Sejauh ini belum ada kapal yang terisi 100 persen penuh, saat arus mudik juga begitu paling tinggi kapal terisi 90 persen dari kapasitas kapal,” kata Rahmatullah.

Dari jadwal yang ada, rencananya hari ini, Jumat, 30 Juni, ada tiga kapal yang akan bersandar di Pelabuhan Makassar. Yakni, KM Leuser dari Labuan Bajo sandar pukul 15.00 Wita, dan akan berlayar pukul 20.00 Wita, tujuan/trayek Bau Bau, Wanci, Ambon, Amahai, Banda, Saumlaki, Larat, Tual, Dobo, Timika, Agast Marauke.

Sedangkan KM Wilis dari pelabuhan Marapokot sandar di pelabuhan Makassar pukul 06.00 Wita, dan akan berangkat pukul 11.00 Wita tujuan/trayek Labuanbajo, Waingapu, Ende, Sabu, Rote, Kupang. Dan kapal ketiga yakni KM Ciremai dari pelabuhan Bau Bau, sandar di Pelabuhan Makassar pukul 16.00 Wita, berangkat pukul 19.00 Wita Tujuan/trayek Surabaya, Tanjung Priok.

(fajar/pojoksulsel)



loading...

Feeds