Duh… Presiden Jadi Terdakwa Kasus Suap

Ilustrasi

Ilustrasi

PERTAMA dalam sejarah Brasil, pengadilan menjatuhkan dakwaan terhadap seorang presiden. Senin waktu setempat (26/6/2017) Presiden Michel Temer menjadi terdakwa kasus suap. Dakwaan yang diajukan Jaksa Agung Rodrigo Janot itu bakal membuat situasi politik dalam negeri semakin kacau.

’’Temer telah menyalahgunakan wewenangnya sebagai pemimpin negara yang bertanggung jawab terhadap pemerintah dan masyarakat,’’ tulis Janot dalam berkas resminya. Dia mengatakan punya banyak bukti tentang pelanggaran sang presiden. Terutama Temer menerima suap yang jumlahnya sekitar USD 150.000 atau sekitar Rp 1,9 miliar. Bukti-bukti itu bakal Janot beberkan dalam pengadilan.

Sebagai terdakwa, Temer segera menjalani sidang. Namun, Janot harus mendapat izin dari majelis rendah lebih dulu sebelum menyidangkan pemimpin 76 tahun tersebut. Dengan dukungan dua pertiga legislator di majelis rendah, Janot bisa menyeret Temer ke kursi terdakwa. Selanjutnya, dia harus nonaktif dari jabatannya sebagai presiden selama enam bulan untuk keperluan hukum.

(AFP/hep/c15/sof/pojoksulsel)



loading...

Feeds