Tradisi Khusus Lebaran bagi Oki Setiana Dewi

Oki Setiana Dewi

Oki Setiana Dewi

POJOKSULSEL.com – Oki Setiana Dewi memiliki tradisi khusus saat menyambut Hari Raya Idul Fitri setiap tahunnya.

Bagi Oki, Lebaran tanpa sungkem tak ubahnya sayur tanpa garam. Prinsip itulah yang hingga saat ini dipegang teguh aktris yang melejit lewat Film Ketika Cinta Bertasbih ini.

 

Oki mengaku selalu melakukan ritual sungkeman setiap momen Idulfitri. Momen tersebut juga sebagai ajang saling memaafkan dan melebur dosa.

“Karena ayah saya orang Jawa, jadi kami masih menjalani tradisi sungkeman. Saya pikir emang setiap hari kita harus minta maaf,” ujar Oki saat ditemui di kawasan Thamrin, Jakarta Pusat, baru-baru ini.

Sungkeman tersebut kata Oki dilakukan tidak asal dan sudah ada prosedurnya.

“Sungkemannya dimulai dengan ibu yang sungkem sama papa. Kemudian anak-anaknya dari yang tertua. Terus diikuti menantu-menantu dan cucu-cucunya,” ucapnya.

Tak hanya sungkeman, lanjut dia, tradisi makan ketupat bersama keluarga juga dilakukan wanita yang kini kerap berdakwah.

“Di Indonesia banyak sekali tradisinya. Saya termasuk salah satu yang mengikuti tradisi makan ketupat bareng keluarga. Makanannya seperti ketupat, opor, rendang, sambel, hati,” katanya.

(JPNN)



loading...

Feeds

danny-indira

SAH! Demokrat Usung Danny-Indira

POJOKSULSEL.com, JAKARTA – DPP Partai Demokrat telah memutuskan kandidat usungan di Pilkada Kabupaten Kota se Sulawesi Selatan 2018 mendatang. Pengambilan …