Setop Konsumsi Makanan dengan Kandungan Gula dan Kalori Berlebih

Ilustrasi

Ilustrasi

MOMENTUM lebaran saat berkumpul bersama keluarga, paling asyik menyeruput minuman warna-warni. Dari mulai soda hingga sirup, paling enak diminum dingin sambil ngobrol bersama keluarga. Tanpa disadari, berapa banyak tumpukan gula dan kalori yang bersumber dari minuman tersebut.

Berbagai jenis minum ini sangat disukai anak-anak hingga dewasa, apalagi soda. Padahal, soda merupakan minuman tinggi gula dan kalori yang bisa menyebabkan kegemukan. Karena itu tentu wajib dibatasi.

“Jika masih mungkin, hindari minuman jenis ini (soda). Kandungan kalori yang berasal dari karbohidrat sederhana tidak baik,” kata Ahli Gizi Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia (FKM UI) Diah M. Utari.

Apalagi menurutnya, bagi mereka yang sudah memiliki riwayat penyakit degeneratif seperti diabetes. Selain itu juga bagi orang yang sudah kelebihan berat badan dan penderita diabetes, wajib menjauhi minuman itu.

Satu kaleng atau botol minuman soft drink bersoda berkisar antara 140-175 kalori. Kalori tersebut berasal dari karbohidrat sederhana. Jika minum satu botol, itu setara dengan sekitar 4 sendok makan gula pasir. Bayangkan!

“Padahal dalam sehari kita hanya diperbolehkan mengonsumsi gula sebanyak 3-4 sendok makan,” kata Diah.

Bukan tidak boleh, tetapi wajib dibatasi. Satu botol saja, sudah mencapai batas tertinggi maksimal mengonsumsi gula dalam sehari. Belum lagi ditambah dengan kue kering dan menu lebaran lainnya yang juga tinggi kalori.

“Sehingga tidak dianjurkan mengonsumsi soft drink atau minuman kemasan dalam jumlah banyak,” tutup Diah.

(cr1/JPG/pojoksulsel)



loading...

Feeds

bahaya pakai Headset

Asal Pakai Headset, Ini Bahayanya

POJOKSULSEL.com – Bagi para pemilik smartphone maupun gadget, headset, headphone atau earphone sudah menjadi perangkat wajib. Fungsi ketiganya kurang lebih …

Resmi!!! Ongkos Haji 2018 Naik

POJOKSULSEL. com – Ongkos penyelenggaran ibadah haji di tahun 2018 atau 1439 hijriah mengalamai kenaikan ‎sebesar 2,58 persen. Hal itu …

Stadion Mattonging Ditutup

POJOKSULSEL.com, MAKASSAR – Stadion Andi Mattalatta Mattoanging Makassar, akan ditutup sementara. Ini dilakukan selama perbaikan lapangan, yang mengalami kerukan pasca …