Maut di Hari Lebaran… Truk Tangki Meledak, 132 Orang Tewas

POJOKSULSEL.com – MOMEN Idul Fitri di Pakistan kemarin pagi (25/6/2017) menjadi tragedi berdarah. Ini setelah, sedikitnya 132 nyawa melayang akibat ledakan truk tangki pembawa bahan bakar di Kota Ahmedpur East, Distrik Bahawalpur, Provinsi Punjab, Pakistan.

Sebelumnya, truk yang mengangkut 40 kiloliter bahan bakar itu terguling karena mengalami pecah ban.

”Mereka yang berada di sekeliling truk tangki yang terguling itu langsung hangus terbakar begitu terjadi ledakan,” kata Malik Muhammad Ahmed Khan, jubir pemerintah provinsi, dalam jumpa pers.

Selain warga yang menonton kecelakaan dan para pemakai jalan yang kebetulan melintas, sebagian besar korban adalah penduduk sekitar yang sedang mengambil bahan bakar yang tertumpah dari tangki.

Kepada Reuters, Khan mengatakan bahwa sekitar 20 korban tewas adalah anak-anak. ”Jenazah sebagian besar korban tidak bisa dikenali karena nyaris terbakar sempurna,” katanya.

Selain merenggut 132 nyawa, ledakan itu mengakibatkan 100 orang terluka. Mereka yang terluka segera dilarikan ke Rumah Sakit Nishtar di Kota Multan dan beberapa rumah sakit lain di Kota Bahawalpur.

Rumah sakit terdekat yang sempat menjadi rujukan langsung angkat tangan saat melihat kondisi sebagian besar korban yang menderita luka bakar rata-rata 80 persen.

”Kami tidak bisa menangani mereka dan hanya bisa merujuk ke rumah sakit besar,” ujar seorang dokter yang tidak mau menyebutkan namanya.

Dari Ahmedpur East, rumah sakit terdekat yang memiliki fasilitas penanganan luka bakar berjarak 150 kilometer.

Kemarin, militer Pakistan langsung mengerahkan sejumlah helikopter ke lokasi kejadian. Helikopter-helikopter militer itu bertugas mengangkut para korban luka ke rumah sakit besar agar bisa segera ditangani.



loading...

Feeds