Sambut Lebaran, Pemkab Lutra Gelar Festival Beduk dan Pawai

Bupati Luwu Utara (Lutra) Indah Putri Indriani | DOK. HUMAS & PROTOKOLER PEMKAB LUTRA

Bupati Luwu Utara (Lutra) Indah Putri Indriani | DOK. HUMAS & PROTOKOLER PEMKAB LUTRA

POJOKSULSEL.com, LUWU UTARA – Banyak cara dilakukan untuk menyemarakkan Bulan Suci Ramadan dan menyambut Idul Fitri 1438 Hijriah. Seperti yang dilakukan Pemerintah Kabupaten Luwu Utara, yaitu dengan menggelar Festival Beduk dan Takbir tingkat kabupaten di Jalur dua depan Rujab Bupati Lutra, Masamba, Rabu (21/6/2017).

Kegiatan yang bertajuk Gema Luwu Utara Bertakbir 1438 Hijriyah dilaksanakan oleh Pemkab Lutra kerja sama dengan Badan Komunikasi Pemuda Remaja Masjid Indonesia (BKPRMI) dan Korps Alumni Himpunan Mahasiswa Islam (Kahmi) Lutra.

 

Ketua KAHMI Lutra Muhammad Fauzi mengatakan bahwa festival yang berlangsung selama tiga hari, 21-24 Juni ini bertujuan untuk meningkatkan syiar Islam di tengah-tengah masyarakat. Selain itu juga untuk menyemarakkan bulan suci Ramadhan dan menyambut Hari Raya Idul Fitri 1438 Hijriah. Kegiatan ini diikuti pemula dan profesional.

“Kegiatan ini terbagi dua. Untuk festival beduk pesertanya adalah remaja usia 13-21 tahun utusan dari SMP, SMA, dan remaja masjid.

Pawai mobil hias pesertanya SKPD, instansi vertikal, utusan kecamatan lurah/desa, ormas, OKP, sekolah, dan pengurus masjid,” tutur Fauzi.

Sementara Bupati Luwu Utara Hj Indah Putri Indriani mengatakan bahwa tujuan diadakannya Festival Beduk dan Pawai Mobil Hias ini agar dapat mengangkat dan melestarikan budaya seni tradisional sekaligus sebagai media syiar bagi umat Islam di dalam menjalankan ibadah amaliah untuk meningkatkan nilai keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT.

“Ini merupakan ajang para generasi muda Islam saat ini dapat mengenal dan melestarikan seni budaya Islam. Dengan diadakannya festival ini mereka dapat merasa bangga dengan karya seni religi, serta dapat menumbuhkan perasaan senang terhadap budaya lokal yang sarat dengan nilai-nilai Islam,” ujar Indah

Bupati Perempuan pertama di Sulsel, berharap dengan kegiatan ini dapat menjadi motivasi bagi umat Islam terhadap pentingnya penghayatan nilai syiar Islam. Di samping itu, juga dapat meningkatkan nilai-nilai keimanan dan ketaqwaan terhadap Allah SWT untuk berbuat kebaikan dan meraih kemenangan setelah digembleng selama Bulan Ramadan.

(bayu/pojoksulsel)



loading...

Feeds

Andi Sudirman Sulaiman

Sudirman Sulaiman Sasar 70 Desa di Wajo

POJOKSULSEL.com, WAJO – Menyusuri desa-desa, menyapa dan mendengarkan harapan serta keluhan masyarakat menjadi bagian yang menarik dari aktifitas bakal calon …