Sebelum Mudik, Baca Dulu Tips Ini

Suada arus mudik di Terminal Daya Makassar.  DOK POJOKSULSEL

Suada arus mudik di Terminal Daya Makassar. DOK POJOKSULSEL

PARA pemudik tetap harus menjaga keselamatan. Salah satunya dengan tetap cukup tidur sebelum melakukan perjalanan. Pasalnya, perjalanan mudik akan sangat melelahkan dan dilalui bersama keluarga.

Jika kurang tidur, maka perjalanan akan membahayakan diri sendiri dan keluarga. Sebab perjalanan yang akan ditempuh akan melalui kemacetan panjang bersama para pemudik.

Karena itu, Direktur Rumah Sakit Puri Cinere dr Judiwan D Maswar memberikan beberapa tips sebelum pemudik melakukan perjalanan. “Banyak hal yang harus dipersiapkan agar perjalanan sehat dan aman bagi pemudik, khususnya yang akan melakukan perjalanan dengan kendaraan sendiri,” kata Judiwan.

Dia meminta agar masyarakat wajib tidur cukup sebelum mudik. Hal itu akan membuat tubuh segar dan dapat melakukan perjalanan mudik lebih prima. “Siapkan fisik yang sehat dan prima upayakan untuk tidur minimum enam jam sebelumnya,” tegasnya.

Selain tidur dan memastikan kendaraan dalam kondisi baik, ada banyak hal yang harus dipersiapkan. Salah satunya jangan mengonsumsi alkohol sebelum melakukan perjalanan.

1. Makan dan Minum
Makan dan minum secukupnya sebelum perjalanan. Siapkan makanan ringan dan air minum untuk konsumsi selama perjalanan.

2. Jauhi Alkohol
Jangan minum minuman yang mengandung alkohol atau yang bersifat merangsang adrenalin.

3. Minum Multivitamin
Boleh meminum multivitamin untuk menjaga kondisi tubuh tetap fit selama dan sesudah perjalanan.

4. Obat-obatan
Siapkan obat-obatan ringan seperti obat sakit kepala, obat diare, masuk angin, cairan antiseptik dan lain sebagainya. Tempatkan pada wadah khusus yang mudah dibawa sehingga mudah diambil saat membutuhkan.
(cr1/JPG/pojoksulsel)



loading...

Feeds