PNS Mudik Pakai Mobil Dinas, Laporkan ke KPK Via Email Ini

Ilustrasi

Ilustrasi

KOMISI Pemberantasan Korupsi (KPK) mengingatkan pegawai negeri sipil (PNS) serta penyelenggara negara agar tidak mudik lebaran menggunakan mobil dinas. Mobil dinas merupakan fasilitas negara yang hanya boleh digunakan untuk kepentingan pekerjaan.

“‎Prinsip dasarnya, larangan penggunaan fasilitas negara untuk kepentingan pribadi‎,” kata Juru Bicara KPK Febri Diansyah saat dikonfirmasi, Jumat (23/6/2017).

Selain itu, KPK juga meminta kepada PNS dan penyelenggara negara menolak pemberian apapun menjelang lebaran, termasuk parsel dan hadiah lewat transferan dari semua pihak yang berkaitan dengan jabatan dan diduga memiliki konflik kepentingan. Menurut Febri, hal itu memiliki risiko pidana sebagaimana diatur dalam Pasal 12 B UU Tipikor.

Febri menambahkan, dalam tiga tahun terakhir, data laporan gratifikasi ke KPK kian meningkat. Pada 2015, KPK menerima 35 laporan ‎dalam bentuk parcel, makanan, minuman, peralatan dapur, batu cincin dan furnitur senilai Rp 35 juta.

Kemudian pada 2016, KPK menerima 371 laporan yang terdiri dari uang tunai, parcel makanan minuman, voucher belanja, barang elektronik, sarung, kristal, dan lainnya senilai Rp 1,1 miliar.

“Pelaporan soal gratifikasi bisa melalui email: [email protected] dan telpon 021-25578440‎,” jelas Febri.

(put/jpg/pojoksulsel)



loading...

Feeds