Lebaran Tiba dan Kamu Masih Jomblo? Siap Ditanya Kapan Kawin?

Ilustrasi

Ilustrasi

PERTANYAAN kapan nikah menjadi ucapan paling horor bagi para lajang saat lebaran tiba. Tidak peduli laki-laki, maupun perempuan. Saat seluruh keluarga dan kerabat berkumpul, hati suka dagdigdug. Khawatir pertanyaan yang suka bikin mati kutu itu terlontar karena bisa terbawa perasaan alias baper.

Jangan sedih! Anggap pertanyaan itu sebagai doa. Doa yang segera dikabulkan Tuhan, bahwa jodoh pasti datang. Tak usah iri dengan sepupu yang mempunyai kekasih atau suami ganteng. Tak usah miris juga saat melihat sepupu yang lebih muda justru sudah mempunyai momongan.

Pengamat Sosial Universitas Indonesia (UI) Devie Rahmawati mengajak seluruh lajang untuk tetap optimis dan tidak sedih. Pertanyaan seputar jodoh di momen-momen besar memang sudah menjadi budaya Timur yang harus dimaklumi. Anggaplah itu sebagai wujud kasih sayang dari keluarga yang ikut memerhatikan nasib para jomblo.

“Secara kultural masyarakat kita ini sifatnya komunal yang memang sifatnya menghargai peran dan fungsi keluarga,” jelasnya, Jumat (23/6/2017).

Sehingga, kata Devie, sesukses apapaun seseorang jika belum berkeluarga dianggap belum bernilai. Seolah kehidupan dan kebahagiaannya kurang lengkap lahir batin. Sehingga julukan jomblo-jomblo bahagia alias Jojoba itu sesungguhnya tidak ada.

“Bagaimana ketika seseorang lajang bawa calon istri atau calon suami atau kekasih di budaya masyarakat timur akan menjadi hadiah lebaran terbaik bagi keluarganya,” tuturnya.

Devie mencontohkan tren di Tiongkok bahkan lebih detail. Kewajiban membawa pasangan di hari spesial membuat bisnis biro jodoh dan sewa pasangan semakin terbuka lebar.

“Budaya timur mengedepankan kelompok kecil keluarga adalah yang utama. Di Tiongkok sampai menyewa pasangan.

Artinya, Devie berpesan bagi anak-anak muda menganggap hal itu bukan sesuatu yang seharusnya ditanggapi jadi beban. Justru hadapilah dengan senyuman bahagia karena banyak keluarga yang masih memerhatikan masa depan dan menunjukkan kasih sayang.

(cr1/JPG/pojoksulsel)



loading...

Feeds

syahrul yasin limpo, deng ical, rsi faisal makassar

Syahrul YL Sebut Deng Ical Walikota

POJOKSULSEL.com, MAKASSAR – Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo menghadiri milad ke-37 Rumah Sakit Islam Faisal, di Jalan Faisal, Makassar, Senin …
Dewi Sanca, haters Dewi Sanca

Serang Haters, Dewi Sanca Sehat?

POJOKSULSEL.com – Pedangdut Dewi Sanca kembali menjadi bulan-bulanan netizen di media sosial. Tak tahan dengan cibiran haters, Dewi Sanca pun …