Baca Nih, Tips bagi Ibu yang Baru Melahirkan: Bangkitkan Gairah

Ilustrasi

Ilustrasi

KASUS ibu mengalami stres hingga depresi usai melahirkan masih tinggi. Setelah masa nifas kurang lebih 40 hari, idealnya seorang perempuan bisa kembali berhubungan seksual dengan suaminya.

Namun jika sedang stres, kaum hawa bisa kurang memiliki hasrat untuk berhubungan intim alias malas bercinta.

Belum lagi disibukkan dengan rutinitas dan kesibukan sebagai seorang ibu yang mengurusi tangisan bayi. Kemudian sibuk memberikan ASI untuk buah hati. Hal itu membuat ibu pascamelahirkan bisa stres dan berdampak pada menurunnya libido.

“Oh pasti ada pengaruhnya. Karena libido seksualnya menurun,” kata Pakar Kesehatan Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia (FIK UI) Ratu Kusuma kepada JawaPos.com.

Secara teorinya, kata Ratu, depresi itu berpengaruh pada penurunan hasrat seksual. Ketika istri mengalami depresi maka tak tertarik pada suami meski sudah dirayu.

“Istri jadi malas merawat diri, dan malas berhubungan dengan suami. Selain malas, istri juga takut nanti bisa hamil lagi atau punya anak lagi,” katanya.

Untuk mencegah depresi usai melahirkan, Ratu menyarankan agar ibu hamil tetap harus percaya diri dalam menghadapi kehamilannya. Jangan menganggap hamil sebagai hambatan untuk beraktivitas.

“Tetap percaya diri. Berkomunikasi dengan baik pada suami sejak awal kehamilan. Sampaikan dengan baik apa yang dirasakan, supaya sharing dan berharap suami berikan alternatif pemecahan solusi masalah agar tak mengalami depresi,” tutup dia.

(cr1/JPG/pojoksulsel)



loading...

Feeds