5 Tips Mudik Lebaran Bersama Anak

Ilustrasi mudik

Ilustrasi mudik

POJOKSULSEL.com – Mudik merupakan perjalanan yang menyenangkan. Apalagi jika dilakukan dengan benar.

Jangan sampai memaksakan diri, kurang persiapan, atau mudik dengan sepeda motor bersama anak. Hal itu justru bisa berbahaya bagi mereka.

 

Psikolog Anak, Anna Surti Ariani memberikan tips mudik aman dan nyaman bagi anak. Para orang tua diminta mengikuti berbagai aturan dan melengkapi persiapan agar anak merasakan perjalanan mudiknya menyenangkan. Hal itu bisa menjadi bahan cerita bagi teman-temannya nanti usai kembali dari kampung halaman.

“Jangan memaksakan diri, misalnya sambil bercerita atau beberapa kali istirahat di jalan. Sehingga anak merasa nyaman,” kata Psikolog Anak yang akrab disapa Nina ini kepada JawaPos.com, Selasa (20/6/2017).

1. Cerita atau Prolog Pada Anak Sebelum Mudik

Sebelum mudik, anak sudah disiapkan dulu gambaran perjalanan mudiknya. Misalnya, ceritakan pada anak apa yang akan dia lewati sepanjang jalan dan di tempat tujuan. Lalu siapa saja yang nanti akan ditemui. Jika perlu, anak juga bisa ditunjukkan foto-foto lokasi atau orang-orang yang akan ditemui.

2. Bawa Mainan

Bawakan mainan favoritnya, tidak usah banyak-banyak misalnya 2-3 saja. Keluarkan satu per satu, dan selalu minta anak membereskan sebelum memainkan yang lain (sekaligus untuk menghabiskan waktu).

3. Bawa Bekal

Bawakan camilan, makanan, dan minuman yang dia butuhkan, sehingga saat dia lapar, dia tak harus menunggu terlalu lama (misalnya menunggu karena belum bisa berhenti di rumah makan terdekat)

4. Games

Lakukan berbagai permainan selama di perjalanan, misalnya menyebutkan sebanyak mungkin kata dari huruf tertentu atau menghitung benda tertentu (mobil putih, atau bis besar).

5. Istirahat

Usahakan ada beberapa kali istirahat sepanjang perjalanan, misalnya 2-3 jam sekali. Dengan demikian anak tidak terlalu lelah.

(cr1/JPG)



loading...

Feeds

danny-indira

SAH! Demokrat Usung Danny-Indira

POJOKSULSEL.com, JAKARTA – DPP Partai Demokrat telah memutuskan kandidat usungan di Pilkada Kabupaten Kota se Sulawesi Selatan 2018 mendatang. Pengambilan …