Lebaran, NTPD 112 Makassar dan CCTV Kota Tetap Bekerja 24 Jam

Ismail Hajiali, Kadis Kominfo Kota Makassar. | DOK. POJOKSULSEL

Ismail Hajiali, Kadis Kominfo Kota Makassar. | DOK. POJOKSULSEL

POJOKSULSEL.com, MAKASSAR – Nomor Tunggal Panggilan Darurat (NTPD)112 Kota Makassar di pastikan tetap beroperasi melayani publik Makassar pada perayaan Idul Fitri 1438 Hijriyah. Hal ini diungkapkan Kepala Dinas komunikasi dan Informatika Kota Makassar, Ismail Hajiali usai memimpin rapat internal di ruang kerjanya, Senin (19/6/2017).

“Instruksi Bapak Walikota, seluruh pelayanan yang bersifat darurat, termasuk NTPD 112 tetap bekerja normal seperti biasa melayani masyarakat pada saat hari H Idul Fitri. Insya Allah, selama 24 jam nonstop, petugas kami di War Room tetap stay melayani laporan masyarakat,” ujar Ismail Hajiali.

 

Selain mengecek kesiapan layanan 112, dalam rapat yang dihadiri pejabat dan staf lingkup Diskominfo Makassar, Ismail Hajiali juga mengecek layanan pemantauan CCTV kota selama bulan suci Ramadan termasuk persiapan jelang Idul Fitri.

“Alhamdulillah, selama bulan puasa hingga menjelang Idul Fitri, semua perangkat kita, baik software maupun hardware 112 dan CCTV berfungsi dengan baik, termasuk jaringan dan juga sistem rolling operator. Bahkan, selama bulan puasa, terlihat ada peningkatan jumlah warga yang menghubungi 112 untuk mendapatkan layanan dari pemerintah. Demikian juga pemantauan CCTV secara realtime terus dilakukan, termasuk informasi lalulintas yang di update secara berkala di twitter resmi kami, @DiskominfoMks,” lanjut Ismail.

Dari data yang disampaikan, sejumlah layanan yang paling banyak di laporkan masyarakat, diantaranya kebutuhan layanan mobil home care, lampu jalan yang mati, PDAM, sampah, jalan rusak, termasuk juga kejadian kriminal yang terjadi.

“Seperti yang terjadi di Jalan Lompobattang, beberapa waktu lalu, salah satu rumah warga di masuki pencuri pada saat tengah malam buta. Untungnya aparat kepolisian segera datang ke lokasi dan berhasil menangkap pelaku setelah salah satu penghuni rumah menghubungi layanan 112,” ujar Ismail.

Untuk diketahui layanan NTPD 112 dan juga sistem pemantauan CCTV kota merupakan salah satu inovasi Walikota Makassar, Mohammad Ramdhan Pomanto dalam mewujudkan Sombere’ dan Smart City di kota Makassar.

NTPD 112 sendiri diresmikan Gubernur Sulsel, Syahrul Yasin Limpo pada saat peringatan ulang tahun kota Makassar ke 409 dilapangan Karebosi (9/11/2016) lalu.

(chaidir pratama/pojoksulsel)



loading...

Feeds