Inggris dan Sulsel Fokus Kerjasama Perbaikan Infrastruktur Pendidikan

Duta Besar Inggris untuk Indonesia, Moazzam Malik bertemu dengan gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel) Syahrul Yasin Limpo

Duta Besar Inggris untuk Indonesia, Moazzam Malik bertemu dengan gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel) Syahrul Yasin Limpo

POJOKSULSEL.com, MAKASSAR – Duta besar Inggris untuk Indonesia, Moazzam Malik bertemu dengan gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel) Syahrul Yasin Limpo, di Rumah Jabatan Gubernur di Jalan Jenderal Sudirman Makassar, Jumat (16/6/2018).

Dalam pertemuan tersebut, disepakati, kedepannya Pemerintah Inggris dan Pemprov Sulsel, akan menjajaki kerjasama di dua sektor yaitu infrastruktur dan pendidikan.

“Kunjungan ini untuk mempererat hubungan antara Inggris dan Sulsel (Indonesia). Provinsi ini punya peranan untuk kemajuan Indonesia,  khususnya Indonesia Timur,” kata Moazzam Malik

Moazzam Malik juga menguraikan, untuk bidang infrastruktur, walaupun pihaknya tidak berinvestasi dengan membangun perusahaan, tapi pendesai yang bisa membantu dan mendukung menciptakan usaha infrastruktur kualitas dunia, seperti bandara dan pelabuhan.

Selain Infrastruktur, bidang lain, yaitu pendidikan, lantaran meski di Indonesia punya sumber daya alam yang luar biasa besar, tapi menurut Malik, daya saing itu juga tergantung pada sumber daya manusianya.

“Indonesia akan sangat tergantung pada kualitas sumber daya manusianya. Termasuk kefasihan berbahasa Inggris. Makanya kami akan membahas lebih lanjut terkait pembangunan perwakilan kita di Sulsel untuk meningkatkan kapabilitas berbahasa Inggris,” tambah Malik.

Jadi nanti, peningkatan kapabilitas berbahasa Inggris itu dimulai dari tingakat sekolah menengah adan atas. Karena itu sangatlah penting.

Sementara Syahrul Yasin Limpo mengatakan, pihaknya akan segera menindaklanjuti hasil pertemuan kedua belah pihak. “Kita akan segera menindaklanjuti pertemuan ini. Kita butuh, Inggris juga butuh,” katanya.

Syahrul Yasin Limpo mengaku cukup antusias dengan tawaran kerja sama yang ada. Utamanya di bidang pendidikan. Diharapkan nantinya universitas-universitas di Inggris seperti Cambridge dan Oxford bisa jadi tempat untuk training tingkat tinggi atau high level bagi para pejabat di 24 kabupaten/kota.

“Pembicaraan fokus ke sana. Akan ada pembicaraan teknis. Terutama untuk training high level untuk pejabat 24 kabupaten kota di Sulsel,” tutup Syahrul Yasin Limpo.

(muh fadly/pojoksulsel)



loading...

Feeds