Fidget Spinner, Digandrungi Anak-anak dan Orang Dewasa

KALAU diartikan, arti nama ini merupakan, ‘Fidget’ dalam bahasa Indonesia berarti gelisah atau cemas, sedangkan ‘spinner’ berarti pemutar. Jika digabungkan mainan kecil seukuran jari ini dimainkan untuk mengusir rasa bosan atau cemas.

Mainan ini kini menjadi tren di Indonesia, tidak hanya anak-anak mainan ini juga dipakai oleh orang dewasa untuk menghilangkan rasa bosan.

 

Harga Fidget Spinner ini memang cukup terjangkau, mainan ini dijual mulai harga puluhan ribu sampai dengan harga ratusan ribu tergantung jenis kualitas yang digunakan.

Lalu, siapakah penemu Fidget Spinner ini? Ternyata permainan tangan yang menyerupai baling-baling yang dapat berputar ini pertama kali dipatenkan Catherine A Hettinger pada tahun 1997 di Amerika Serikat. Namun, hak paten tersebut telah kedaluarsa dan sudah tidak lagi dimiliki pria Amerika tersebut.

Banyak perusahaan-perusahaan khususnya mainan anak-anak yang tertarik pun berlomba mengembangkan mainan berputar ini baik dari segi desain maupun bentuk.

Pada tahun 2017 ini memang menjadi tahun kembalinya masa jaya fidget spinner. Banyak kalangan anak-anak hingga muda-mudi memainkannya.

Sepertinya masyarakat saat ini menjadikan mainan tangan fidget spinner sebagai bantuan untuk menghilangkan kebiasaan buruk mereka atau kini tengah menjadi gaya hidup.

Dilansir dari Metro, Direktur Time Psycology, Rachel Andrew, fidget spinner dapat menjadi alat yang membantu penderita gangguan psikologis seperti gangguan kecemasan, sulit fokus, ADHD, dan gangguan mental lainnya.

Gejala gejala penyakit itu dapat dikurangi bila disalurkan kearah yang positif. Fidget spinner menjadi media bagi penderita berbagai gangguan mental itu untuk menyalurkan kegelisahannya.

Mainan ini tidak hanya terkenal di Amerika Serikat saja, bahkan di Indonesia banyak yang memainkannya bahkan sampai ada komunitasnya sendiri.

Menurut Chicago Tribune, jika ada tidak tahu apa itu fidget spinner, Anda sepertinya menghabiskan sebulan terakhir hidup Anda di dalam goa yang berjarak 800 km dari peradaban.

Sepertinya mainan tangan ini bisa menghapus rasa bosan kamu, sudahkah anda membelinya?

(tipstren/pojoksulsel)



loading...

Feeds