Baca Nih, 7 Gaya Hidup Sederhana dan Hemat Miliarder Dunia

Presiden Jokowi disambut CEO Facebook, Mark Zuckerberg. foto: Facebook

Presiden Jokowi disambut CEO Facebook, Mark Zuckerberg. foto: Facebook

MEMILIKI kekayaan yang berlimpah tidak selalu membuat orang meninggalkan gaya hidup hemat dan sederhana. Banyak miliarder dunia yang tetap menjalankan pola hidup sederhananya disaat kekayaan dan aset yang mereka punya sudah tidak terhitung lagi banyaknya.

Gaya hidup dan kebiasaan miliarder yang hemat dan sederhana seharusnya bisa kita tiru di kehidupan sehari-hari kita. Dengan menjalankan gaya hidup dan kebiasaan tersebut bisa membuat kita menjadi sesukses para miliarder dunia. Inilah 7 cara yang dilakukan orang terkaya di dunia untuk menghemat uangnya:

1. Tinggal di Rumah Lama

Salah satu miliarder ternama dunia, Warren Buffett dikenal sebagai seorang miliarder yang menjalani gaya hidup yang cukup sederhana. Meskipun dirinya memiliki kekayaan hingga lebih dari US$ 73.6 miliar, CEO Berkshire Hathaway ini ternyata lebih memilih tinggal di rumah lamanya.

Hingga saat ini pengusaha bernama Buffet ini masih menempati rumah yang sama yang pernah dibelinya pada thaun 1958 silam dengan harga USD 31.500 atau setara dengan Rp 415 jutaan.

2. Tidak Perlu Keluar Uang Banyak Untuk Pakaian

Siapa yang tak kenal dengan Mark Zuckerberg? Ya, bos media sosial ternama dunia, Facebook ini juga dikenal sebagai miliarder yang punya gaya hidup hemat dan sederhana. Walau memiliki kekayaan sebesar US$ 62,9 miliar nyatanya CoFounder, Chairman dan CEO Facebook tersebut lebih menyukai pakaian sederhana untuk kehidupan sehari-hari atau datang ke acara formal sekalipun.

Ternyata Mark ini memiliki 20 buah kaos berwarna abu-abu dengan model yang sama. Sehingga tidak aneh jika Mark terlihat memakai pakaian yang itu-itu saja di berbagai acara. Hal tersebut justru malah menjadi ciri khasnya. Namun Mark justru tidak malu menggunakan kaos yang terkesan itu-itu saja dan tetap berpenampilan sederhana.

3. Batasi Pengeluaran

Yang ketiga ada orang terkaya di Cina, Zong Qinghou juga menerapkan prinsip hidup hemat bahkan ketika dirinya memiliki kekayaan sebesar US$ 7.2 miliar saat ini.

Founder Hangzhou Wahaha ini memiliki kebiasaan hemat yang dijalaninya setiap hari, bahkan Zong memiliki kebiasaan untuk makan bersama para pekerjanya dan membatasi pengeluaran harian hanya sebesar US$ 20 atau setara dengan Rp 260 ribu per hari.

4. Makan Cukup Dengan Menu Sederhana

Charles Ergen merupakan Founder dan Chairman dari DISH Network, dirinya memiliki kekayaan dengan estimasi sebesar US$ 18.1 miliar. Namun hal tersebut tidak lantas membuatnya menjadi tinggi hati dan lupa untuk hidup sederhana.

Justru Ergen terkenal sebagai orang yang sangat rendah hati dan hingga kini konsisten menjalani gaya hidup hemat.

Setiap harinya, Ergen memilih sandwich dan minuman berenergi sebagai asupan makan siang, selain itu dirinya juga kerap kali lebih memilih menu makanan sederhana dibanding harus makan siang di restoran mahal.

5. Jangan Pernah Gengsi Naik Pesawat Kelas Ekonomi

Pemilik IKEA, Ingvar Kamprad merupakan miliarder yang punya gaya hidup hemat selanjutnya. Pernah duduk sebagai orang terkaya kedua di Eropa, Ingvar Kamprad memiliki kekayaan hingga US$ 39,3 miliar, tetapi dirinya lebih memilih untuk naik pesawat komersial kelas ekonomi setiap kali berpergian dibanding jet pribadi.

6. Tak Perlu Memiliki Mobil Mewah

Orang terkaya di Mexico, Carlos Slim Helu, memiliki kekayaan sebesar US$ 63.1 miliar. Pemiliik perusahan telekomunikasi, America Movil tersebut ternyata tetap menjalani hidup dengan hemat.

Walaupun bisa dikatakan harta kekayaannya tidak akan habis hingga tujuh turunan, Carlos lebih memilih untuk memakai mobil lamanya dibanding menggunakan mobil baru, terutama kalau hanya untuk berpergikan jarak dekat.

7. Makan di Tempat Sederhana Daripada Restoran

Amancio Ortega, pemilik brand fashion ternama, Zara punya kebiasaan yang sampai sekarang belum berubah.

Ortega lebih memilih untuk makan siang bersama karyawannya di kafetaria kantor pusat Zara dibanding harus keluar ke restoran mahal untuk makan siang saat bekerja.

Nah, melihat dari kisah-kisah miliarder sukses dunia di atas, walaupun mereka sudah memiliki status sebagai miliarder dunia masih menjalani gaya hidup hemat, tidak ada salahnya jika kalian meniru gaya hidup hemat dan tidak melakukan pemborosan.

(tipstren/pojoksulsel)



loading...

Feeds

politik sulsel, pemilu 2019, kpu maros, ppk maros, tes ppk maros

114 Calon PPK Maros Ikut Ujian Tulis

POJOKSULSEL.com MAROS – Sebanyak 144 calon Anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) se Kabupaten Maros mengikuti tes tertulis di Gedung Serbaguna …