Tua tapi Tetap Menawan? Coba Trik Ini

Ilustrasi

Ilustrasi

PENUAAN kerap menjadi momok bagi perempuan. Munculnya kerutan halus, kulit tampak mengendur, kusam, juga lingkaran gelap di bawah area mata. Penuaan merupakan proses alamiah yang terjadi akibat berkurangnya kolagen pada lapisan antara dermis dan epidermis. Meski demikian, penuaan bisa diperlambat agar tidak muncul terlalu dini. Bagaimana agar menua dengan menawan?

Ada bermacam cara yang bisa dilakukan. Antara lain, rajin menggunakan tabir surya, pelembap, krim anti-aging, menjaga pola hidup sehat, tidak merokok, istirahat cukup, dan banyak lainnya. Selain itu, teknologi kecantikan yang sudah berkembang demikian pesat menghasilkan temuan-temuan baru untuk membantu proses pengencangan kulit.

Salah satunya, ultherapy. Dokter Olivia Ong dipl AAAM, founder Jakarta Aesthetic Clinic (JAC) memaparkan, ultherapy merupakan proses pengencangan kulit wajah dan leher tanpa bedah. Terapi itu berfokus pada pembentukan kolagen di lapisan dalam.

”Seiring pertambahan usia, produksi alami kolagen berkurang. Perlu dirangsang untuk membantu kolagen terbentuk,” ujarnya di klinik JAC, Gunawarman, Jakarta. Manfaat yang didapat, kulit jadi tampak lebih kencang dan bercahaya. Lingkaran hitam di bawah mata pun berkurang.

Selain ultherapy, filler merupakan salah satu perawatan anti-aging favorit. ”Filler adalah penambahan untuk mengisi cekungan, sedangkan ultherapy untuk mengencangkan,” lanjut dr Olivia. Keduanya bisa dikombinasikan agar hasilnya makin optimal. Beberapa pasien usia muda dengan kulit tipis dan cenderung kendur juga bisa menjajal treatment ultherapy.

Beauty enthusiast Putricaya, 32, merasakan manfaat dari treatment kecantikan nonbedah itu. Begitu pula Safiyya Hellua dan Soraya Hylmi. ”Sejak memasuki usia 30, perawatan kulit harus ekstra agar menua dengan menawan,” ucap Putri.

Selain kulit wajah yang tak lagi kencang, problem yang kerap dialami seiring pertumbuhan usia adalah lemak tubuh yang sulit menghilang. Dokter Olivia menjelaskan, ada dua macam lemak, yaitu lemak dalam dan lemak luar. Lemak dalam bisa dihilangkan dengan diet sehat dan olahraga. ”Sedangkan lemak luar berada di bawah kulit, ia juga merespons diet dan olahraga, tapi hanya volumenya yang berkurang, jumlah sel lemaknya tetap,” paparnya.

Untuk mengatasinya, bisa menggunakan coolsculpting. Cara kerjanya menarik sel lemak, membekukannya, kemudian sel lemak yang sudah mengkristal akan tereliminasi bersama keringat dan urin.

(nor/JPK/pojoksulsel)



loading...

Feeds