Ini Salat Jumat Termegah, Saf Capai 4 KM

UMAT muslim khususnya pria diwajibkan menunaikan ibadah sholat jumat ketika siang hari berjamaah di masjid. Sholat jumat di masjid-masjid biasanya memang sering didatangi jamaah sholat jumat sampai memenuhi pelataran masjid.

Namun ternyata sholat Jumat termegah dan terpanjang pernah terjadi di tahun 1453 dilakukan oleh Sultan Muhammad Al Fatih yang saat itu hendak menaklukan Konstantinopel.

Sholat tersebut dikatakan termegah karena sholat tersebut dilakukan di jalan menuju Konstatinopel dengan jamaah diperkirakan mencapai ratusan ribu dan membentang sepanjang 4 km dari Pantai Marmara hingga Selat Golden Horn di utara.

Fenomena Sholat jumat termegah ini terjadi 1,5 KM di depan benteng Konstantinopel, dalam proses Penaklukan Konstantinopel oleh Sultan yang kemudian mengakhiri sejarah Kekaisaran Kristen Byzantium dan menjadi cikal bakal Kekhalifahan Utsmaniyah.

Perjalanan untuk menaklukan Konstantinopel merupakan pembuktian atas kabar gembira “Bisyarah” atau nubuwat yang disampaikan oleh Rasulullah Shallalhu ‘Alaihi Wasallam kepada sahabat sahabatnya, bahwa negara adidaya seperti Romawi akan dapat dikalahkan oleh kaum Muslimin. “Kota Konstantinopel akan jatuh ke tangan Islam.

Pemimpin yang menaklukkannya adalah sebaik-baik pemimpin dan pasukan yang berada di bawah komandonya adalah sebaik-baik pasukan.” (H.R. Ahmad). Hadits Rasulullah Shallalhu ‘Alaihi Wasallam tersebut akhirnya terbukti ratusan tahun kemudian.

Konstantinopel berhasil ditaklukkan oleh pasukan kaum muslimin yang dipimpin oleh Muhammad Al-Fatih, panglima muda yang saat itu memimpin pasukan dalam usia sekitar 23 tahun.

Penaklukan Konstantinopel yang diawali dengan shalat jumat terbesar dan termegah di jalanan dengan jamaah yang membentang sepanjang 4 kilometer dari Pantai Marmara hingga Selat Golden Horn di utara ini menjadi sejarah perjuangan islam pada zaman dahulu.

(tipstren/pojoksulsel)



loading...

Feeds