Setiap Wanita Berpotensi Kena Kanker Serviks, Waspada

Ilustrasi

Ilustrasi

PADA dasarnya setiap perempuan bisa terkena atau terserang kanker serviks sebagaimana yang diderita artis Julia Perez (Jupe). Penyakit ini tidak pandang bulu, perempuan mana saja memiliki risiko. Perempuan telah menikah atau yang belum menikah bisa saja terpapar virus HPV (Human Papilloma Virus), penyebab kanker serviks.

Memang, faktor risiko kanker ini ada tiga. Yakninya, perempuan yang berhubungan seks dengan berganti pasangan; perempuan yang berhubungan seks dengan pria yang tak disunat, serta perempuan yang berhubungan seks di usia muda.

“Siapa saja, setiap perempuan berisiko karena 80 persen dari perempuan akan mendapat virusnya seumur hidup mereka. Entah kapan,” tegas Founder and CEO Internis and Vaccinologist In Harmony Vaccination Clinic Dr Kristoforus Hendra Djaya, SpPD, Minggu (11/6/2017).

Kristoforus menjelaskan menikah muda dan ganti-ganti pasangan memang merupakan faktor risiko paling utama. Kedua faktor itu meningkatkan risiko. Namun jika virusnya tidak ada, maka tidak akan membentuk sel kanker.

“Penularan HPV 80 persen dari hubungan seksual. Sisanya macam-macam, sekalipun belum berhubungan seksual,” ungkapnya.

Penularan virus HPV bisa disebabkan dari pinjam-meminjam benda pribadi, toilet jorok, dan lainnya. Berdasarkan penelitian, 80 persen perempuan akan terkena virus ini seumur hidupnya, entah kapan, walaupun tidak semua jadi kanker.

Sehingga, bukan hanya Pekerja Seks Komersial (PSK) atau perempuan yang terjerat pergaulan bebas berisiko terkena kanker ini. Namun seluruh perempuan bisa terpapar kanker ini kapan saja.

(cr1/JPG/pojoksulsel)



loading...

Feeds

politik sulsel, pemilu 2019, kpu maros, ppk maros, tes ppk maros

114 Calon PPK Maros Ikut Ujian Tulis

POJOKSULSEL.com MAROS – Sebanyak 144 calon Anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) se Kabupaten Maros mengikuti tes tertulis di Gedung Serbaguna …