Rizal Ramli: Pelanggan Listrik 900 VA Itu Nyaris Miskin

Rizal Ramli / IST

Rizal Ramli / IST

POJOKSULSEL.com, JAKARTA – Ekonom senior DR Rizal Ramli menyebutkan, pengguna listrik berdaya 450 VA merupakan golongan masyarakat yang dapat dipastikan hidup di bawah garis kemiskinan. Sehingga mereka layak untuk mendapatkan subsidi dari pemerintah.

Hal ini dilontarkan Rizal Ramli dalam kicauannya di akun Twitter @RamliRizal, Senin (12/6/2017).

Atas alasan itu juga, mantan Menko Maritim meminta pemerintah untuk memastikan nama para pelanggan listrik 450 VA masuk dalam daftar orang miskin yang berhak mendapatkan subsidi di berbagai sektor lain.

“Kalau tidak ada di daftar orang miskin, daftarnya yang ngaco,” ujarnya.

Selain itu, Rizal juga turut menyinggung pencabutan subsidi listrik yang dilakukan pemerintah terhadap pelanggan listrik golongan 900 VA. Menurutnya, hal ini kurang tepat mengingat masyarakat golongan ini merupakan masyarakat yang hidupnya hanya berada tipis di atas garis kemiskinan.

“Kalau 900 VA itu nyaris miskin (near poor),” tegas Rizal Ramli.

Pada awal Mei lalu, pemerintah kembali mencabut subsidi bagi golongan 900 VA yang masuk dalam kategori mampu. Kategori pengguna ini diperkirakan mencapai lebih dari 19 juta pelanggan.

Sementara rumah tangga miskin dan tidak mampu berdaya listrik 900 VA tetap diberikan subsidi, dengan hanya membayar tarif sebesar Rp 605 per kilo Watt hour (kWh).

Sedangkan untuk wacana pencabutan subsidi listrik berdaya 450 VA, pemerintah sudah membantahnya.

(ian/rmol/pojoksulsel)



loading...

Feeds

politik sulsel, pemilu 2019, kpu maros, ppk maros, tes ppk maros

114 Calon PPK Maros Ikut Ujian Tulis

POJOKSULSEL.com MAROS – Sebanyak 144 calon Anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) se Kabupaten Maros mengikuti tes tertulis di Gedung Serbaguna …