Stop Ketergantungan kepada Pluim!

Syamsuddin Umar | DOK. POJOKSULSEL

Syamsuddin Umar | DOK. POJOKSULSEL

POJOKSULSEL.com, MAKASSAR – PSM Makassar dinilai terlalu tergantung kepada marquee player, Wiljan Pluim, selama kompetisi Liga 1. Sehingga, setiap kali pemain asal Belanda itu bermain buruk, penampilan PSM juga menurun.

Hal tersbut kelihatan dari beberapa kali laga yang dilakoni PSM Makassar. Termasuk saat menelan kekalahan 2-1 dari tuan rumah Semen Padang, di Stadion Agus Salim, Padang, Kamis (8/6/2017).

Pelatih PSM Makassar Robert Rene Alberts mengakui, penampilan Pluim dibawah performa terbaiknya.

Tidak terlihat gocekan yang merepotkan pertahanan lawan. Bahkan, umpan-umpan yang memanjakan pemain lainnya juga sangat kurang. “Pemain kami bermain tidak dilevelnya,” kata Robert.

Mantan pelatih yang sukses membawa PSM Makassar juara 1999-2000, Syamsuddin Umar mengatakan, PSM terlalu bergantung pada Wiljan Pluim.

“Kalau Pluim main jelek, penampilan PSM langsung menurun tajam. Padahal PSM punya pemain yang memiliki kemampuan individu yang bagus,” kata Syamsuddin.

Menurut dia, sejauh ini PSM Makassar sudah memiliki pola permainan yang jelas dibawah nahkoda Robert Albert. Hanya, saja dinilai terlalu monoton atau kurang variatif. “Serangan dari sayap dan Pluim sebagai pengatur sejauh ini cukup efektif,” katanya.

Hanya saja, lanjut Syamsuddin konsep alternatif sebagai antisipasi jika Pluim tampil di bawah performa terbaiknya belum kelihatan.

Ia pun berharap, Robert Alberts segera menemukan formula jitu yang bisa mendongkrak penampilan pemainnya terutama pada laga tandang agar target juara bisa tercapai.

Apalagi, penampilan persaingan di kalasemen pekan ke-10  sangat ketat.  Tim seperti Perselaan, Bali United, dan Persija Jakarta mulai membaik.

“PSM harus waspada dengan klub yang punya tradisi juara seperti Persib Bandung, Sriwijaya FC, Arema FC, dan Persipura. Materi pemain mereka bisa membawa timnya bangkit dari keterpurukan,” papar Syamsuddin.

(islamuddin dini/pojoksulsel)



loading...

Feeds

duda hamili remaja, remaja dihamili duda, pemerkosaan, kasus pemerkosaan, cinta terlarang

5 Tips Move On dari Mantan

POJOKSULSEL.com – Putus dari sebuah hubungan tidaklah pernah semudah Anda membalikan telapak tangan, akan ada begitu banyak penyesalan di dalamnya. …
Ilustrasi pengejaran teroris

3 Tersangka Penyerangan Polda Sumut

POJOKSULSEL.com – Tiga orang ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus penyerangan Polda Sumatera Utara (Sumut), Minggu (25/6/2017) lalu. Berdasarkan data yang …