Luthfi Mutty Nilai Moratorium Pembentukan DOB Perlu Ditinjau Ulang

Luthfi A Mutty

Luthfi A Mutty

POJOKSULSEL.com, MAKASSAR – Anggota DPR RI asal Sulsel Luthfi Andi Mutty, menilai moratorium pembentukan Daerah Otonomi Baru (DOB) harus ditinjau ulang atau dibatalkan. Karena terdapat wilayah, di mana pembentukan DOB jadi solusi percepatan pembangunan daerah.

Hal tersebut diungkapkan Luthfi kala menjadi pemateri dalam diskusi terbatas dengan Sekertariat Jendral Dewan Ketahan Nasional dengan tema Antisipasi dan Solusi Maraknya Pembentukan DOB di Wilayah NKRI dalam Rangka Menjaga Stabilitas Ketahanan Nasional.

 

“Moratorium DOB sudah perlu ditinjau ulang, karena pada daerah-daerah tertentu DOB justru bagian dari solusi. Misalnya daerah yang rentang kendalinya cukup luas, dan atau yang berpotensi mandiri secara ekonomi,” ujar Luthfi.

Mantan Bupati Luwu Utara dua periode tersebut mengatakan, kini sulit untuk dipungkiri bahwa berbagai masalah yang ditengarai terjadi di DOB justru lebih banyak terjadi di daerah induk.

Hal selanjutnya yang jadi pokok perhatian Luthfi adalah kebijakan reformasi birokrasi yang perlu ditingkatkan kembali, agar kerja birokrasi lebih efektif, efisien dan profesional.

“Peran dan fungsi partai politik sebagai organisasi yang menempatkan kepala daerah terpilih perlu diperkuat. Faktor pemimpin amat krusial dalam membawa daerah kepada kemajuan ekonomi dan peningkatan kesejahteraan daerah serta membaiknya pelayanan publik,” kata Ketua Bidang Politik DPP Partai NasDem tersebut.

(rls/pojoksulsel)



loading...

Feeds