Baca Nih, Fakta tentang Qatar yang Diblokir 6 Negara Tetangga

Qatar

Qatar

KEDAULATAN Qatar sedang berada di tengah badai. Tetangga terdekat mereka menghentikan hubungan diplomatik dengan negara kaya tersebut. Jadi apa yang orang ketahui tentang Qatar selain mereka akan menjadi tuan rumah Piala Dunia pada 2022? Berikut lima hal yang paling mencolok dari Qatar.

Penduduk Lelaki Adalah Mayoritas – Dengan jumlah penduduk mencapai 2,5 juta, hanya ada 700 ribu perempuan. Ketidakseimbangan ini disumbang oleh kenyataan kalau negeri ini dibangun oleh imigran. Para imigran ini sebagian besar adalah lelaki dan masih berusia muda. Lapangan pekerjaan yang menjanjikan di Qatar membuat negeri ini dibanjiri pendatang. Mereka membuat populasi penduduk yang kurang dari 700 ribu pada 2003 menjadi 2,5 juta pada 2016.

Para imigran ini datang dari seluruh dunia. Namun paling banyak dari India dan Nepal. Sangking banyaknya, berdasar World Factbook CIA, dua negara itu membuat agama Hindu menjadi grup religi paling besar ketiga setelah Muslim dan Kristen.

Tetapi, meski menjanjikan pekerjaan dan masa depan, tidak sedikit laporan mengenai penyalahgunaan sumber daya imigran. Mereka disebutkan harus bekerja keras tanpa imbalan pantas. Bahkan separo imigan hidup dalam kondisi tak layak di seluruh belahan Qatar.

Tuan Tanah Terbesar London – Orang-orang kaya Qatar selama beberapa dekade terakhir suka membeli properti di London, Inggris. Mereka punya tanah di Shard, Harrods, Chelsea Barracks, dan Olympic Village. Bahkan, ada juga yang punya saham di Canary Wharf. Ali Shareef al-Emadi, menteri keuangan Qatar mengatakan kepada BBC pada Maret lalu kalau dia memprediksi Qatar punya lebih dari USD 45 miliar sampai USD 51 miliar investasi di Inggris.

Qatar Sangat Cinta Seni – Qatar dikenal sebagai negara konservatif. Tetapi, dalam beberapa tahun mereka menjadi sponsor beberapa pameran besar. Termasuk, tuan rumah seniman kontroversial Damien Hirst yang kali pertama menghelat konser solo di Timur Tengah pada 2013.

Ditahun yang sama, Sheikha Al Mayassa bin Hamad bin Khalifa Al Thani, adik perempuan pemimpin Qatar, menjadi pemimpin Qatar Museums Authority yang masuk dalam 100 museum paling berpengaruh di dunia. Ada rumor yang menyebutkan, Al Mayassa bisa menghabiskan sampai USD 1 miliar untuk bekerja sama dengan seniman mentereng macam Andy Warhol, Mark Rothko, Paul Gauguin, dan Paul Cézanne.

Mereka juga punya Museum of Islamic Art di Doha yang dibuka pada 2008. Museum itu disebutkan punya koleksi paling komprehensif mengenai kesenian Islam di dunia. Benda-benda yang dipamerkan berasal dari tiga benua dan berusia sampai 1.400 tahun.

Punya Boneka Teddy Bear Raksasa – Kecintaan Qatar akan seni tergambar dari banyaknya ikon seni di tempat publik. Salah satunya beruang teddy raksasa di Bandara Internasional Hamad, Doha. Boneka itu duduk manis di tengah bandara. Boneka ini diciptakan oleh seniman asal Swiss Urs Fischer lebih dari 10 tahun yang lalu. Terbuat dari perunggu, boneka ini memiliki berat hampir 10 ton.

Bandara Internasional Hamad, dalam diskripsinya, menyebutkan kalau beruang teddy itu adalah ikon menyenangkan yang membuat happy sekelilingnya. Si teddy juga akan mengingatkan traveler masa kecil atau objek berharga dari rumah masing-masing. Harga beruang teddy itu tak murah. Pada 2011, Qatar membelinya dari rumah lelang di New York, AS, seharga USD 6.8 juta.

Banyak Orang Superkaya di Qatar – Qatar memiliki GDP per kapita terbesar di dunia. Semua itu berkat sumber daya minyak dan gas yang mereka miliki plus investasi yang cemerlang. Pada 2016, GDP per kapitanya mencapai USD 129.700. Angka itu lebih besar USD 20 ribu bila dibandingkan peringkat terdekat mereka Luxembourg. Tetapi, kekayaan itu belum sepenuhnya tersebar secara merata. Pada 2015, imigran yang diwawancarai BCC mengatakan kalau mereka paling tidak mendapatkan USD 350 per bulan. Perbedaan yang mencolok sekali.

(BBC/tia/JPK/pojoksulsel)



loading...

Feeds