Syahrul YL: Kepsek Harus Laksanakan Fungsi Manajerial dan Pengawasan

POJOKSULSEL.com, MAKASSAR – Gubernur Sulawesi Selatan, Syahrul Yasin Limpo memberikan pengarahan kepada 450 Kepala Sekolah (Kepsek) tingkat SMA/SMK yang mengkuti Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) di Hotel Four Point By Sheraton, Selasa (6/6/2017).

Syahrul Yasin Limpo mengatakan jabatan sebagai Kepsek merupakan tanggung jawab besar, sekaligus sebagai jabatan luar biasa.

Dia menegaskan, jabatan Kepsek adalah amanah yang harus diemban secara struktural maupun secara sosial, dengan  tujuan mendatangkan kebahagiaan.

“Jangan Kepsek itu harus dipertanggung jawabkan. Dan tantangan Kepsek silih berganti,” kata Syahrul Yasin Limpo di hadapan ratusan Kepsek, Selasa (6/6/2017).

Syahrul YL mengatakan, Kepsek harus mampu menjalankan fungsi manajerial, pengawasan dan penyelesaian masalah.

“Selain sebagai tenaga pendidikan, itulah fungsi lain yang harus terpenuhi,” kata Syahrul Yasin Limpo.

Sementara Kepala Dinas Pendidikan Sulsel Irman Yasin Limpo mengatakan perubahan kewenangan pengelolaan SMA/SMK dari kabupaten/kota ke provinsi membuat Disdik harus segera menyesuaikan berbagai kebijakan.

Salah satunya, dengan memberikan pendidikan dan pelatihan (diklat) kepada guru yang menduduki jabatan sebagai kepala sekolah.

Dia mengatakan, ini sebagai penjabaran dari perintah Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo, bahwa tidak ada pejabat yang duduk pada jabatannya tidak diberikan pelatihan atau pendidikan.

Pelatihan kali ini diikuti 450 peserta yang sudah menduduki jabatan kepsek namun belum pernah mengikuti pelatihan dan merupakan angkatan pertama. Sementara angkatan kedua 100 peserta, merupakan guru yang belum menjabat sebagai kepala sekolah.

(muh fadly/pojoksulsel)



loading...

Feeds