Antisipasi Persekusi, Polres Gowa Maksimalkan Mimbar Masjid

Kasat Intel Polres Gowa AKP Surachman (kanan) saat diwawancarai wartawan.

Kasat Intel Polres Gowa AKP Surachman (kanan) saat diwawancarai wartawan.

POJOKSULSEL.com, GOWA – Jajaran Polres Gowa melakukan upaya antisipitasi terhadap tindakan persekusi, yang gejalanya telah mulai terlihat di masyarakat.

Kasat Intelkam Polres Gowa AKP Surachman mengatakan, upaya yang tengah disusun saat ini adalah peran aktif bhayangkara pembina keamanan dan ketertiban (Bhabinkamtibmas), melalui mimbar masjid.

 

Dia mengatakan, melalui mimbar masjid tersebut, para Bhabinkamtibmas akan menyampaikan serua atau imbauan kepada masyarakat, untuk tidak melakukan tindakan kekerasan ataupun ancaman terhadap penyelesaian kasus.

“Pemberdayaan Bhabinkamtibmas ini sebagai langkah awal kami terhadap kasi perkusi di masyarakat,” kata AKP Surachman.

Kasat Intelkam Surachman mengatakan, apabila pendekatan tahap awal tidak berjalan efektif, maka lankah lain yang diambil yakni, pendekatan tripika.

“Camat, Kapolsek dan Danramil mesti tuun bersama sama ke masyarakat,” katanya.

Surachman menilai, ada beberapa kasus di Kabupaten Gowa yang tidak harus diselesaikan, secara hukum positivistik. Misalnya kasus yang berkaitan dengan budaya siri’ atau malu.

Pada kasus tersebut, pihak kepolisian mesti mempertimbangkan hukum adat yang ada di Kabupaten Gowa. Ia pun mengatakan, hukum adat dan hukum positivistik mesti berjalan beriringan di Kabupaten Gowa.

(muh fadly/pojoksulsel)



loading...

Feeds