Terima Kerukunan Warga Toraja, Agus AN Bahas Kemiskinan dan Pengangguran

POJOKSULSEL.com, MAKASSAR – Wakil Gubernur Sulawesi Selatan Agus Arifin Nu’mang membeberkan beberapa hal dalam rangka upaya mengurangi angka kemiskinan di pedesaan dan menurunkan angka pengangguran di perkotaan, ketika menerima Kerukunan Warga Toraja di  Luwu di ruang kerja wagub, Senin (5/6/2017)

Dia menjabarkan bahwa saat ini masyarakat miskin angkanya cukup tinggi berdomisili di wilayah pedesaan, sementara masyarakat yang tidak produktif atau pengangguran umumnya tinggal di wilayah perkotaan.

 

Menurut Mantan Ketua DPRD Sulawesi Selatan itu, hal tersebut disebabkan karena infrastruktur khususnya sarana transpoprtasi belum merata. Dimana sarana transportasi jalan yang presentatif belum menembus ke wilayah pedesaan, sehingga penyaluran hasil pertanian dari masyarakat pedesaan yang umumnya berprofesi sebagai petani terhambat, sehingga sulit untuk mendapatkan pamasaran yang memadai.

Dengan kondisi seperti itu menurut Agus Arifin Nu’mang, maka masyarakat dipedesaan cenderung miskin, dan akhirnya mereka akan menyerbu ke perkotaan untuk mencari lapangan kerja yang memadai, sehingga terjadi penumpukan pencari kerja atau pengangguran di wilayah perkotaan.

Olehnya itu, orang nomor dua Sulawesi Selatan beropsesi membuka banyak jalur transportasi di wilayah Sulawesi Selatan termasuk poros Rantepao, Bastem dan Kabupaten Luwu, Seko,serta daerah lainnya.

Dengan terbukanya banyak akses jalan bagus ke pedesaan, maka masyarakat akan mudah memasarkan hasil pertaniannya dan tentunya akan mendapatkan penghasilan yang memadai, sehingga kecenderungan masyarakat pedesaan ke perkotaan untuk mencari kerja tidak ada lagi.

(rls/muh fadly/pojoksulsel)



loading...

Feeds

danny-indira

SAH! Demokrat Usung Danny-Indira

POJOKSULSEL.com, JAKARTA – DPP Partai Demokrat telah memutuskan kandidat usungan di Pilkada Kabupaten Kota se Sulawesi Selatan 2018 mendatang. Pengambilan …