Di Depan Jokowi, NH Bicara Soal Koperasi

Nurdin Halid

Nurdin Halid

POJOKSULSEL.com, JAKARTA – Nurdin Halid (NH) percaya salah satu cara membangun perekonomian Indonesia, yakni dengan mendorong corak ekonomi koperasi agar cita-cita penuntasan kemiskinan di Indonesia dapat tercapai.

Bicara soal koperasi, Plt Ketua DPD I Partai Golkar Sulsel Nurdin Halid, sangat memahami bagaimana seluk beluk corak perekonomian yang di gagas oleh Muhammad Hatta tersebut.

Hal tersebut dsampaikan NH ketika berkunjung dan mengundang Presiden RI Joko Widodo (Jkowi) di di Istana Negara, Jakarta (5/6/2017). Dalam kesempatan itu, NH mengundang Jokowi hadir di acara Kongres Nasional Dewan Koperasi Indonesia yang akan digelar di Makassar pada 12 Juli 2018.

Putra berdarah Bone ini menjelaskan, sesuai amanat undang-undang ada tiga fungsi utama koperasi Indonesia, yaitu sebagai lembaga perjuangan cita, nilai, dan prinsip koperasi yang mewakili gerakan koperasi Indonesia di dalam dan luar negeri.

“Nah yang ketiga sebagai mitra pemerintah di dalam membangun koperasi,” ucap dia.

Menurut NH, bahwa salah satu hal yang terpenting untuk mengentaskan kemiskinan yakni dengan penegasan kembali peran dan fungsi koperasi bagi Indonesia. Sebab kata pecinta Pahlawan Arung Palakka ini, masalah Indonesia saat ini adalah kesenjangan dan kemiskinan.

Penasihat Dekopin, Burhanudin Abdullah menambahkan, bukan hanya Indonesia, namun masalah tersebut juga dialami negara-negara maju lain. Karena itu, lanjut dia, pada waktu PBB mencanangkan Millennium Development Goals MDG’s. Lembaga internasional itu berharap koperasi punya peran besar dalam memangkas kesenjangan.

Sehingga, pada 2012, PBB menyatakan sebagai tahun koperasi dan berakhir di tahun 2015, lalu masuk mengganti program PBB dengan SDG atau Sustainable Development Goals. Program tersebut, kata dia, diharapkan peran koperasi dalam mengatasi kesenjangan ini semakin intensif.

“Karena itu, bagi Indonesia yang mengalami persoalan sama, peran koperasi seharusnya ditegaskan dan diperbesar,” kata Burhanudin.

(gunawan songki/pojoksulsel)



loading...

Feeds