TEROR INGGRIS: ISIS Tanggung Jawab, 6 Tewas dan 48 Luka-luka

Serangan teror di dua lokasi di London, Inggris, yaitu London Bridge dan Borough Market. (Mirror)

Serangan teror di dua lokasi di London, Inggris, yaitu London Bridge dan Borough Market. (Mirror)

POJOKSULSEL.com – Aksi teror kembali terjadi di dua lokasi di London, Inggris. Dua lokasi tersebut yaitu London Bridge dan Borough Market.

Dalam aksi itu, sedikitnya enam orang tewas dan 48 orang luka-luka dalam serangan.

 

Sekawanan teroris menyerang dalam aksi mobil van putih dengan sasaran para pejalan kaki dengan kecepatan tinggi pada Sabtu (3/6) waktu Inggris.

Tak lama setelah aksi itu, sekawanan teroris juga mulai menyerang dan menusuk orang-orang di sekitar restoran secara acak.

Beberapa dari mereka yang menjadi korban dalam serangan tersebut mengaku sudah melempar gelas dan kursi untuk memertahankan diri.

Polisi bersenjata berada di tempat kejadian dalam beberapa menit dan menembak mati tiga penyerang di tempat kejadian yang mengenakan rompi bunuh diri palsu.

Dilansir Mirror, Islamic State (ISIS) mengirim seruan pada layanan pesan singkat Telegram pada hari Sabtu mendesak para pengikutnya untuk melancarkan serangan dengan truk, pisau, dan senjata melawan “Tentara Salib” selama bulan suci Ramadhan.

Pesan tersebut datang beberapa jam sebelum serangan mobil van putih ke pejalan kaki dengan kecepatan tinggi di London Bridge.

Kejadian itu menewaskan sedikitnya enam orang dan melukai hampir 50 orang. Asisten Direktur Operasional Ambulans London, Peter Rhodes mengatakan pihaknya membawa 48 pasien ke lima rumah sakit di London dan merawat beberapa lainnya di tempat kejadian.

“Kami mengirim lebih dari 80 petugas medis kami ke tempat kejadian termasuk awak ambulans, paramedis tingkat lanjut, tim tanggapan spesialis dan tim trauma lanjutan dari Ambulance Udara London. Prioritas kami adalah untuk menangani pasien dan memastikan bahwa mereka dirawat dan dibawa ke rumah sakit sesegera mungkin,” tegas Peter.

Anggota masyarakat yang peduli dengan teman dan kerabat dapat menghubungi kepolisian setempat di nomor 0800 096 1233 atau 020 7158 0197.

(Mirror/cr1/JPG)



loading...

Feeds