Sehat Berpuasa, Hindari 4 Jenis Makanan Ini

Ilustrasi

Ilustrasi

PUASA baru berjalan sembilan hari. Agar ibadah puasa sukses dan lancar hingga satu bulan penuh, sangatlah penting memerhatikan menu makanan yang disantap saat sahur dan berbuka.

Karena itu ada beberapa makanan yang perlu dihindari agar perut tidak ‘ngambek’ saat puasa, seperti dilansir dari klikdokter.com.

1. Gorengan

Makanan sejuta umat ini harus dikurangi, terutama selama Anda menjalankan ibadah puasa. Sebab makanan yang digoreng dengan banyak minyak bisa membuat badan melar, perut kembung, begah, serta meningkatkan kolesterol di dalam tubuh.

2. Makanan Manis.

Berbuka dengan yang manis memang baik. Namun ini bukan berarti Anda boleh mengonsumsi makanan tersebut seenak hati. Karena makanan manis yang dikonsumsi berlebihan berisiko tinggi menyebabkan kenaikan berat badan, dan peningkatan kadar gula darah di dalam tubuh.

3. Makanan Asin.

Makan tanpa garam memang kurang nikmat. Tapi ini bukan berarti Anda harus melulu konsumsi makanan yang berasa asin. Sebab makanan yang terlalu asin bisa menyebabkan tekanan darah melonjak.

4. Gas.

Jika tidak ingin perut kembung saat puasa, hindari makanan yang bisa memproduksi banyak gas. Makanan tersebut antara lain, kol, brokoli, dan kubis.

Dengan menghindari makanan-makanan tersebut di atas, ibadah puasa Anda diharapkan bisa lancar dan tetap khusyuk hingga lebaran tiba.

(NB/RH/jpg/pojoksulsel)



loading...

Feeds