Pengamat: Cakka Belum Tentu Bisa Unggul di Luwu Kalau Dampingi Ichsan

Andi Mudzakakr salam punggawa usai pelantikan PMI Luwu

Andi Mudzakakr salam punggawa usai pelantikan PMI Luwu

POJOKSULSEL.com, MAKASSAR – Basis politik besar yang dimiliki oleh Andi Mudzakkar (Cakka) masih diragukan.

Hal tersebut diungkapkapkan oleh pengamat politik, Arif Wicaksono. Soal spekulasi tersebut, kata Arif, di Luwu saja belum tentu menang apalagi Luwu Raya. Bahkan dia berkeyakinan, kalau bakal calon gubernur Ichsan Yasin Limpo (IYL) menggandeng Cakka di Pilgub Sulsel 2018, maka dia akan sulit mendapatkan suara.

 

“Di Luwu saja belum tentu bisa unggul, apalagi kalau bicara tiga daerah lain di Luwu Raya,” ungkap Arif Wicaksono yang juga merupakan dosen Ilmu Politik Universitas Bosowa Makassar, Minggu (4/6/2017).

Menurut Arif, indikator sederhana seorang figur disebut sebagai refresentasi sebuah daerah atau wilayah, itu karena persoalan ketokohannya. Dalam artian, dia bisa membuktikan dengan kasat mata kalau benar dia ditokohkan.

“Tapi, menurut pandangan saya Cakka secara personal tidak bisa disebut sebagai refresentasi Luwu Raya. Sebab, ketokohannya biasa saja. Itu pun nanti orang kenal saat ia disebut-sebut ikut membantu IYL mengumpulkan dukungan KTP di Luwu,” jelas akademisi ini.

Arif menuturkan, sosok Cakka baru banyak terpublikasi belakangan ini, karena ia masuk dalam deretan nama yang akan mendampingi IYL

“Ketika disebut sebagai salah satu calon dari lima kandidat yang akan bersaing mendampingi IYL, masyarakat juga baru tahu kalau Cakka ikut disurvei,” tutur Arif.

Dengan dasar itu, Arif berpendapat, Bupati Luwu dua periode itu adalah figur yang biasa saja. Ia hanya dikenal di Luwu. Dan, kalau bicara di tiga daerah lain di Luwu Raya, antara lain Palopo, Lutra dan Lutim tentu tidak dikenal seperti di Luwu, kampung halamannya.

Ke depan, lanjut Arif, jika benar kelak Cakka terpilih mendampingi IYL, bukan hal yang luar biasa. Ia justru sangat resisten dalam mendapat dukungan dari rakyat Luwu Raya.

“Sebab, selain bersaing dengan Azis di Pilgub Sulsel, salah satu saudaranya, Buhari Kahar Mudzakkar juga maju di Pilbub Luwu. Dia rawan irisan-irisan dengan saudaranya sendiri,” kata Arif Wicaksono.

(gunawan/pojoksulsel)



loading...

Feeds

Indra Sjafri

PSSI: Terima Kasih Indra Sjafri

POJOKSULSEL.com, JAKARTA – Indra Sjafri sudah resmi tidak menangani lagi Timnas Indonesia U-19. Kepastian itu diungkapkan PSSI pada jumpa pers …
Setya Novanto

Ini Kata Setnov Soal Tahanan KPK

POJOKSULSEL.com, JAKARTA – Tersangka kasus dugaan korupsi pengadaan e-KTP Setya Novanto sudah dua hari menginap di rumah tahanan lembaga antirasuah …
Andi Sudirman Sulaiman

Sudirman Sulaiman Sasar 70 Desa di Wajo

POJOKSULSEL.com, WAJO – Menyusuri desa-desa, menyapa dan mendengarkan harapan serta keluhan masyarakat menjadi bagian yang menarik dari aktifitas bakal calon …