Perekaman Data E-KTP Sulsel Sudah 82,5 Persen

Kepala Dinas Kependudukan, Pencatatan Sipil, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Disdukcapil PPKB) Sulsel Lutfie Natsir

Kepala Dinas Kependudukan, Pencatatan Sipil, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Disdukcapil PPKB) Sulsel Lutfie Natsir

POJOKSULSEL.com, MAKASSAR – Sebanyak 82,5 persen masyarakat Sulsel telah marekam data Kartu Tanda Penduduk Elektronik (e-KTP), dari total wajib KTP sebanyak 7,1 juta.

Kepala Dinas Kependudukan, Pencatatan Sipil, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Disdukcapil PPKB) Sulsel Lutfie Natsir mengatakan, perekaman data eKTP akan terus dikebut.

Dia menargetkan perekamanan data e-KTP di Sulsel dapat selesai pada bulan Desember 2017 mendatang. Sementara perekaman data e-KTP secara nasional akan rampung sampai 96 persen pada akhir tahun 2017 ini.

“Perekaman data ini kami upayakan sebelum penyerahan Daftar Penduduk Pemilih Potensial Pemilihan (DP4) dari Kemendagri ke KPU RI,” kata Lutfie Natsir di Kantor Gubernur Sulsel,  Jumat (2/6/2017).

Lutfie Natsir mengatakan, perekaman e-KTP di Kota Makassar sudah hampir selesai dengan jumlah penduduk 1,7 juta atau penduduk wajib e-KTap terbanyak di Sulsel. Sementara kabupaten/kota lainnya di Sulsel progresnya baru mencapai 80 persen.

Sejauh ini, kata Lutfie Natsir, kendala yang dihadapi dalam proses perekaman data e-KTP di beberapa wilayah di Sulsel adalah, sulitnya medan akses masyarakat. Khususnya mereka yang bermukim di pedalaman seperti di beberapa wilayah di Kabupaten Tana Toraja dan Toraja Utara, serta Kecamatan Seko di Luwu Utara.

Kendala lain yang dihadapi adalah jaringan yang terkadang offline atau listrik padam di kabupaten/kota.

“Kalau blanko saya kira di kita tidak ada masalah. Semua bisa terpenuhi sejauh ini,” kata Lutfie Natsir.

Mantan Kabiro Hukum dan Ham Pemprov Sulsel itu mengatakan, berdasarkan UU nomor 10 tahun 2016 tentang Pilkada, penyusunan DPT mengacu pada hasil DPT pileg dan pilpres. Kemudian dicocokkan dengan DP4 yang memuat data perpindahan penduduk dan kematian serta kelahiran.

(muh fadly/pojoksuksel)



loading...

Feeds