Ini Penyebab Kanker Payudara Lho, Simak

Ilustrasi

Ilustrasi

PARA ahli dan tenaga medis masih belum bisa menyimpulkan dengan pasti, apa penyebab sel kanker bisa tumbuh. Banyak yang mengira, sel kanker tumbuh karena faktor genetik. Jika memiliki keluarga dengan keturunan kanker, maka keturunannya juga akan berpotensi mengalami hal itu. Apakah betul demikian?

Dokter Spesialis Bedah dan Konsultan Bedah Onkologi dr Sonar Sonny Panigoro Sp.B.Onk mengungkapkan, hampir 90 persen pasien kanker, terutama kanker payudara tidak terkait genetik. Memang ada yang terkena karena faktor keturunan, namun menurutnya tak terlalu signifikan jumlahnya.

 

“Sebanyak 90 persen bukan faktor genetik. Berarti karena apa? Karena pengaruh lingkungan,” ungkapnya kepada JawaPos.com, Kamis (1/6).

Sonar menambahkan banyak ahli menyimpulkan faktornya karena gaya hidup, kurang gerak, infeksi. Stres juga bisa namun tak langsung berdampak sebagai penyebab munculnya sel kanker.

“Ada 100 jenis sel kanker di tubuh. Kanker payudara misalnya menyebar lewat darah atau lewat saluran getah bening. Salah satu penyebabnya misalnya gaya hidup,” jelas Sonar.

Sonar mengajak seluruh masyarakat untuk hidup sehat sesuai kampanye yang digaungkan Kementerian Kesehatan. Caranya dengan CERDIK.

“C=Cek kesehatan secara berkala, E=Enyahkan asap rokok, R=Rajin aktifitas fisik, D=Diet sehat dengan kalori seimbang, I=Istirahat cukup dan K= Kelola stress,” ungkap Sonar.

Dia mencontohkan banyak faktor lain yang juga memicu tumbuhnya sel kanker di dalam tubuh. Tak menutup kemungkinan seorang vegetarian juga bisa terkena sel kanker.

“Multifaktor, meskipun vegetarian lebih kecil peluang terkena kanker, tetapi bisa juga terkena. Karena itu berbagai penyebab utamanya masih terus kami lakukan penelitian lebih lanjut,” tuturnya.

(cr1/JPG/pojoksulsel)



loading...

Feeds