Ingin Lancar Berpuasa? Baca Tips Ini

Ilustrasi

Ilustrasi

TIDAK sekadar menahan lapar dan haus, puasa di bulan Ramadan membawa berkah untuk semua. Berikut adalah tips sukses menjalankan ibadah puasa.

Tidur Malam Cukup – Setelah salat Tarawih, paling enak nonton TV atau bermain dengan teman-teman. Memang asyik sih, tetapi jangan lupa waktu ya. Usahakan tidur tepat waktu supaya bisa bangun sahur. Tubuh pun tetap segar saat puasa keesokan harinya.

Hindari Bangun Siang – Setelah sahur dan beribadah, kadang kantuk kembali menyerang. Nah, jangan buru-buru tidur. Setidaknya, beri jeda 1,5 jam sebelum tidur. Selain itu, jangan tidur kelamaan. Sebab, ketika bangun, tubuh malah terasa capek.

Boleh Bermain dan Berolahraga – Malas berolahraga atau bermain di luar rumah karena takut capek dan lapar? Jangan takut. Justru, kita disarankan tetap beraktivitas ringan supaya tubuh tetap bugar. Namun, lakukan di tempat teduh dan saat matahari tidak sedang terik. Yang perlu diingat, jangan terlalu memaksakan diri kalau sudah capek.

Makan Perlahan
Saat berbuka, semua makanan di meja seakan ingin dimakan. Saat sahur, ingin buru-buru menyelesaikan makan karena diburu imsak. Padahal, makan terburu-buru tidak baik lho. Selain bikin tersedak, makan terlalu cepat membuat makanan tidak dikunyah baik oleh gigi. Organ pencernaan pun harus bekerja ekstra.

(jpg/pojoksulsel)



loading...

Feeds