Heboh Afi Nihaya Faradisa Plagiat, Ini Kata Dosen UNM Citra Rosalyn Anwar

Citra Rosalyn Anwar | FOTO DI FACEBOOK

Citra Rosalyn Anwar | FOTO DI FACEBOOK

POJOKSULSEL.com, MAKASSAR – Dunia maya di Indonesia belakangan ini heboh dengan status remaja putri bernama Afi Nihaya Paradisa. Tulisan Afi Nihaya Paradisa soal keberagaman dan pelbagai fenomena sosial menjadi viral.

Hanya sayang, tulisan-tulisan Afi Nihaya Paradisa yag menggetarkan dunia maya, dalam beberapa hari terakhir ini, kembali “berguncang” hebat. Tak lagi getaran.

Haya sayang, tidak seperti tulisan Afi Nihaya Paradisa yang mendapat banyak pujian dan diviralkan para netizen, kali ini soal sisi negatif tulisan Afi Nihaya Paradisa.

Adalah Pringadi Abdi Surya yang menemukan dugaan plagiat dalam tulisan Afi Nihaya Paradisa.

Pring pun menulis di laman blog sosial Kompasiana, Rabu (31/5/2017), soal keplagiatan Afi Nihaya Paradisa.

Pring menguji lewat aplikasi plagiat tulisan panjang Siswi SMA asal Gambiran, Banyuwangi, Jawa Timur itu.

Afi bahkan menulis berjudul Belas Kasih yang baru-baru ini ditulisnya bahkan sudah dipublikasikan lewat kolom di media Detikcom, Senin (29/5/2017).

Dalam tulisan yang diturunkan Pring lewat Drama “Dugaan” Plagiarisme Afi Nihaya Faradisa itu terungkap Afi ternyata memplagiat tulisan Mita Handayani terutama lewat judul Warisan yang ditulis Afi.

Terkait soal “kecerdasan” menulis Afi Nihaya Paradisa dana status-status di media sosial dan dugaan plagiat yang dilakukan Afi Nihaya Paradisa dalam tulisannya, dosen Universitas Negeri Makassar (UNM) Dr Citra Rosalyn Anwar pun angkat bicara.

Dalam tulisan di status media sosialnya, Facebook, Citra Rosalyn Anwar membuat tulisan panjang dengan judul Sedih Lagi.

Berikut tulisan lengkap Citra Rosalyn Anwar terkait dugaan plagiat Afi Nihaya Paradisa:

SEDIH LAGI…

Bbrp thn lalu sy prnh mengeluh krn menemukan status sy di medsos Di copy org tnp menyertakan saya sbg sumbernya,bukannya sok cerdas atau sok bijak.Hny Sj wkt itu ckp ngeselin krn menganggap status2 itu adlh kalimat yg “lahir dgn tdk mudah” saking keselnya Sampe sa posting kekesalan sy di FB.

Lalu ada yg komen kuranglebih begini: “Tulisan kita pd dasarnya adlh hasil Dr pemikiran2 org lain jd jgn terlalu merasa memiliki tulisan tsb ” kemudian Ada jg yg lain, ” Hrsnya bangga berarti pemikiranmu mewakili pemikiran org lain tp kamu mampu menuliskannya dgn baik.”,Ada juga “dehh.. Apamo kalo biar status di copas”(banyakkkkk dekkk, banyakkk-memangnya gampang bikin quotes seperti Mario teguh?). Selebihnya adlh nyinyir…
Begitupun Ketika 10 thn yg lalu saya membukukan catatan2 itu dlm sebuah buku berjudul Negri Ungu,nyinyir kirikanan atasbawah cukup membuat sy memutuskan tak lagi mau mempublish coretan2 saya, tkt kepercayaan diri saya runtuh ke titik nol.

Sampe kemudian FB “mempertemukan” saya dgn mrk yg membaca Negeri Ungu. Ada yg dr bun jauh disana, Ada yg menjadikannya skripsi, Ada yg mengaku terinspirasi, ada bahkan mengkritik dgn resensi, Pelan2 itu memulihkan sy.

thn 2016 saya mengumpulkan status2 Di medsos & menjadikannya buku berjudul Filosofi Barongko, pun ini banjir “kenyinyiran” yg bikin hati luluhlantak, pdhal yg nyinyirin blm tentu baca,sehingga sy putuskan utk bersikap “bodo amat”,Dan membaca mantra dlm hati (kalo ko jago bikinko paleeee).



loading...

Feeds

duda hamili remaja, remaja dihamili duda, pemerkosaan, kasus pemerkosaan, cinta terlarang

5 Tips Move On dari Mantan

POJOKSULSEL.com – Putus dari sebuah hubungan tidaklah pernah semudah Anda membalikan telapak tangan, akan ada begitu banyak penyesalan di dalamnya. …
Ilustrasi pengejaran teroris

3 Tersangka Penyerangan Polda Sumut

POJOKSULSEL.com – Tiga orang ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus penyerangan Polda Sumatera Utara (Sumut), Minggu (25/6/2017) lalu. Berdasarkan data yang …