Agar Tak Lemas Berpuasa, Lakukan 4 Hal Ini Saat Sahur

Ilustrasi

Ilustrasi

POJOKSULSEL.com, JAKARTA – Salah satu masalah terbesar ketika puasa adalah tubuh menjadi lemas. Hal ini disebabkan oleh tidak adanya asupan makanan dan minuman saat sahur. Namun ternyata tubuh yang lemas saat puasa bisa jadi akibat dari kebiasaan buruk yang sering kita lakukan ketika sahur. Ini yang harus dilakukan saat sahur.

1. Jaga porsi makan
Saat puasa kita kita selalu terbanyang akan lemas seharian, akibatnya kita terlalu banyak makan saat sahur. Padahal makan secara berlebihan saat sahur justru akan membuat perut kenyang dan membuat aliran darah ke otak menjadi lambat, sehingga menyebabkan ngantuk dan lemas. Sebaiknya cukup konsumsi makanan yang memiliki nutrisi lengkap seperti karbohidrat, portein, dan serat.

 

2. Konsumsi protein dan serat
Saat sahur tentunya perlu mempertimbangakan jenis makanan yang memilki nilai gizi yang tepat. Sebab alih-alih jika salah makan, maka akan mempengaruhi metabolisme tubuh. Saat sahur sebaiknya makan makanan yang mengandung protein dan serat seperti daging merah, ayam, telur, sayur dan buah-buahan. Protein berfungsi sebagai cadangan energi sedangkan serat dapat membuat rasa kenyang lebih lama.

3. Konsumsi makanan yang mengandung gula
Gula merupakan sumber energi terbaik. Gula mengandung jumlah kalori yang cukup tinggi. Setiap 100 g gula mengandung 386 kalori, jumlah yang cukup untuk mempertahankan energi pada tubuh. Makanan yang kadar gula yang tinggu adalah kurma dan madu. Sebaiknya kontrol jumlah asupan gula saat sahur untuk mengurangi resiko naiknya gula darah.

4. Minum air putih yang cukup
Selama puasa tubuh akan kekurangan cairan tubuh sehingga berpotensi mengalami dehidrasi, salah satu gejala tubuh kekurangan air adalah kurangnya konsentrasi dan lemas. Pastikan minum air putih sebanyak 4 gelas saat sahur agar tubuh tak lemas saat puasa sehari penuh.

(mia/pojoksatu/pojoksulsel)



loading...

Feeds