Afi Nihaya Faradisa Plagiat, Benarkah? Baca Ini Dulu

Afi Nihaya Faradisa

Afi Nihaya Faradisa

POJOKSULSEL.com, JAKARTA – Afi Nihaya Paradisa yang belakangan sedang naik daun karena status-statusnya kerap viral di media sosial diduga melakukan plagiarisme.

Benarkah? Pringadi Abdi Surya seorang penulis ternyata telah menemukan adanya dugaan plagiat Anak SMA yang bikin heboh tersebut.

 

Setelah pada awalnya skeptis terhadap pemikiran-pemikiran yang bernama lengkap Asa Firda Nihaya itu, Pring ternyata menemukan pembenaran atas keraguannya.

Pring akhirnya menulis di laman blog sosial Kompasiana, Rabu (31/5/2017), soal keplagiatan Afi Nihaya Paradisa.

Pring menguji lewat aplikasi plagiat tulisan panjang Siswi SMA asal Gambiran, Banyuwangi, Jawa Timur itu.

Afi bahkan menulis berjudul Belas Kasih yang baru-baru ini ditulisnya bahkan sudah dipublikasikan lewat kolom di media Detikcom, Senin (29/5/2017).

Dalam tulisan yang diturunkan Pring lewat Drama “Dugaan” Plagiarisme Afi Nihaya Faradisa itu terungkap Afi ternyata memplagiat tulisan Mita Handayani terutama lewat judul Warisan yang ditulis Afi.

“Saya terjebak di antara dua pertanyaan, apakah saya akan menjatuhkan sesuatu hingga pecah ataukah saya akan menumbuhkan sesuatu yang seharusnya belum pantas tumbuh?,” ujar Pring.

Tulisan Pringadi ini lantas diunggah Azzam Mujahid Izzulhaq, Rabu (31/5/2017), dan hingga berita ini diturunkan sudah dibagikan 4.700 orang lebih di media sosial Facebook.

“Bahkan status-status Afi yang lain, seperti soal warisan, ditengarai memiliki ruh yang sama dengan narasi sebuah video viral yang juga diterjemahkan oleh Mita Handayani,” ujarnya.

(sta/pojoksatu/pojoksulsel)



loading...

Feeds