Cara Memaknai Ramadan Lebih Baik, Baca Ini

Ilustrasi

Ilustrasi

BULAN suci Ramadan menjadi waktu yang tepat untuk menjadi seseorang yang lebih baik. Waktu yang tepat secara spiritual, evaluasi diri, dan berubah menjadi lebih baik.

Bulan Ramadan merupakan saat yang tepat untuk refleksi diri dari segala hal negatif yang sudah dilakukan. Ramadan mengarahkan hidup menuju jalan yang benar. Ada banyak cara untuk berubah menjadi lebih positif selama Ramadan seperti dilansir Boldsky.

Tadarus
Tadarus atau membaca satu halaman Alquran setiap hari sekali saat Ramadan, bisa menjadi cara untuk melepaskan kebiasaan buruk selama bulan Ramadan.

Bulatkan Tekad Ramadan
Cobalah untuk membuat semangat dan tekad Ramadan dalam kehidupan dan lingkungan. Gunakan semangat spiritual ini untuk memperbaiki diri. Menjalankan puasa Ramadan dengan sungguh-sungguh akan mulai membuang hal-hal buruk dan negatif dalam hidup.

Pelajari Ramadan Lebih Jauh
Cobalah untuk memelajari lebih lanjut tentang Ramadan. Baca dan bicarakan lebih lanjut kepada orang-orang bijak dan memiliki pengetahuan spiritual yang tinggi. Dengan cara ini, perlahan tapi pasti membuat perubahan positif dalam hidup.

Buat Rencana Ramadan
Buatlah rencana positif selama Ramadan. Dari mulai tekad membaca paragraf Alquran setiap hari hingga menyumbangkan sesuatu yang kecil setiap hari seperti infak dan sedekah. Jangan hanya saat Ramadan, coba pula aplikasikan hal itu setelah Ramadan berakhir.

Sadar Mental
Persiapkan diri secara mental untuk perubahan ini dalam hidup. Kenali dan kendalikan pikiran buruk. Misalnya resolusi Ramadan tidak ingin berbuka puasa dengan junk food atau makanan cepat saji, maka jangan biarkan diri goyah. Hal itu berlaku untuk hal negatif lainnya.

Jadikan Ibadah Motto Utama
Ibadah harus menjadi tujuan utama hidup. Sisa hidup harus dibangun dengan doa dan ibadah terbaik. Selipkan doa dan perilaku baik di setiap langkah hidup sehingga hal itu juga menjadi bagian dari ibadah.

Persiapan Spiritual
Langkah untuk menjadi lebih baik bukan langsung instan dilakukan. Rencana semacam itu harus dilakukan jangka panjang. Bukan hanya saat Ramadan tiba-tiba berbuat baik, sebetulnya lebih baik berangsur berubah beberapa bulan sebelum Ramadan. Sehingga saat puncaknya di bulan Ramadan, jiwa seseorang akan lebih tenang.

(cr1/JPG/pojoksulsel)



loading...

Feeds

Indonesia Vs Vietnam: Laga Krusial

KALAU timnas Indonesia U-22 ingin lolos ke semifinal, kuncinya adalah memangangkan pertandingan Selasa malam ini (22/8). Tim berjuluk Garuda Muda …